Fadli Zon: Ada Kesan Pemerintah Biarkan Separatis Bebas Merajalela di Papua

11
Fadli Zon: Ada Kesan Pemerintah Biarkan Separatis Bebas Merajalela di Papua
Fadli Zon dalam Indonesia Leaders Forum (foto: Ist)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengecam pembunuhan terhadap pekerja trans Papua yang dilakukan kelompok pemberontak di Papua. Menurut Fadli Zon Pemerintah harus bertindak tegas terhadap gerakan separatis papua merdeka.

“Sebagai ketua Tim Pemantau Otsus Papua, saya mengecam dan meminta aparat keamanan bertindak tegas terhadap gerakan separatis Papua Merdeka,” kata Fadli dalam akun twiternya @fadlizon, Rabu (5/12).

-Advertisement-

Fadli menuding selama ini pemerintah telah gagal menciptakan kemanan di Papua. Menurutnya, ada kesan pemerintah Indonesia membiarkan gerakan separatis di Papua bebas merajalela tanpa penindakan yang tegas.

“Sejauh ini pemerintah gagal menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah tertentu di Papua. Ada kesan pemerintah tak berdaya atau membiarkan gerakan separatis ini bebas merajalela,” kata Fadli.

Fadli menilai, pembunuhan tersebut bukan sekadar gerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB), tapi gerakan teroris dan pemberontak. Hal yang sama juga diutarakan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu yang mengatakan gerakan tersebut adalah gerakan pemberontak bukan kelompok kriminal bersenjata biasa.

Baca Juga :  Fadli Zon: Persekusi Terhadap Penceramah Jangan Terulang Kembali

Sebelumnya telah terjadi pembunuhan terhadap 31 orang pekerja proyek jembatan di distrik Yigi, Papua. Pembunuhan tersebut diakukan oleh kelompok pemberontak yang diduga kuat merupakan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here