Enam Minggu Berturut-Turut Warga Israel Gelar Demonstrasi Tuntut Netanyahu Mundur

Enam minggu berturut-turut warga Israel gelar demonstrasi tuntut Netanyahu mundur

Suaramuslim.net – Tel Aviv – Ribuan warga Israel selama 6 minggu berturut-turut sampai Sabtu (06/1/2017) melakukan demonstrasi menuntut Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengundurkan diri dari jabatan akibat kasus penyalahgunaan kekuasaan.

Demonstrasi dihadiri sejumlah tokoh Yahudi seperti Ketua Dewan Keamanan Nasional Uzi Arad, Mottai Ashkenazi yang memimpin demonstrasi menentang pemerintah Golda Meir setelah perang 1973, aktivis Jaksa Agung Israel, Avichai Mandelbit dan sejumlah tokoh lain.

Arad dalam pidatonya mengatakan “korupsi dapat menghancurkan pilar keadilan sosial, demokrasi, dan semua yang dibangun negara ini, hal ini harus segera diberantas. Sudah saatnya melakukan investigasi terhadap Netanyahu terkait file 3000”.

Sementara itu aktivis Jaksa Agung Israel, Avichai Mandelbit, mengutuk penundaan publikasi laporan hasil penyelidikan “berkas 3000” oleh pihak kepolisian.

“Netanyahu mengira kita tidak melakukan demonstrasi karena cuaca buruk, tapi dia salah, kita akan berada di sini setiap akhir pekan” sebut Mandelbit.

“File 3000” adalah dokumen penyidikan dugaan korupsi dalam kesepakatan pembelian 6 kapal selam dari Jerman. Meskipun militer Israel hanya membutuhkan 5 unit. Sebelumnya Netanyahu juga diduga menerima suap senilai ratusan ribu Shekkel dari Arnon Milchan.

Setiap Sabtu ribuan warga Israel melakukan demonstrasi di Tel Aviv menuntut mundur Netanyahu karena kasus tersebut.

Sumber : SPNA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.