Erdogan Akan Jadikan Hagia Sophia Masjid, Tidak Lagi Museum
Hagia Sophia (Foto: istanbulhistorichotels.com)

ISTANBUL (Suaramuslim.net) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sudah waktunya untuk kembali menjadikan Hagia Sophia sebagai sebuah masjid. Ia menilai telah terdapat kesalahan membuat bangunan yang merupakan salah satu ikon negara itu menjadi sebuah museum.

“Hagia Sophia tidak akan disebut sebagai museum. Kami akan mencabut status itu dan menyebutnya sebagai sebuah masjid,” ujar Erdogan dilansir VOA, Kamis (28/3/19).

Sebelumnya, bangunan ini merupakan sebuah gereja dan kemudian menjadi masjid. Setelah itu, bangunan bersejarah itu pun diputuskan untuk menjadi sebuah museum.

Hagia Sophia kerap menjadi perdebatan antara umat beragama, khususnya Muslim dan umat Kristiani. Bangunan yang dibangun pada abad keenam itu diubah menjadi museum saat Turki berada di bawah pemerintahan sekuler Mustafa Kemal, yang pada akhirnya memungkinkan semua orang dari berbagai agama mengunjunginya.

Erdogan mengatakan siapa pun yang datang ke tempat bersejarah ini berarti mereka telah datang ke sebuah masjid. Selama ini, bangunan tersebut menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Turki.

Baca Juga :  Erdogan: Turki akan Buru Semua Kelompok Teror

Pernyataan Erdogan untuk menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid dinilai akan kembali menimbulkan ketegangan antara Turki dan Yunani, di mana kedua negara dikenal bermusuhan di masa lampau, termasuk dalam sejarah bangunan tersebut.

Sumber: VOA
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.