Fraksi PKS Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

9
Fraksi PKS Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Fraksi PKS Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda (Foto: Fraksi PKS)

PANDEGLANG (Suaramuslim.net) – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini kembali menyambangi wilayah terdampak tsunami Banten. Setelah sebelumnya ke wilayah Serang, ia bersama relawan PKS ke wilayah terdampak di Labuan dan Tanjung Lesung.

Kedatangan Jazuli selain menyerahkan bantuan hasil penggalangan dana Anggota Fraksi PKS dari gaji DPR bulan Desember juga dimaksudkan untuk memastikan proses rehabilitasi berjalan lancar sehingga masyarakat setempat bisa beraktivitas kembali.

-Advertisement-

“Setelah awal pekan lalu ke wilayah Serang, kali ini kami datang mengunjungi wilayah terdampak yang cukup parah di Labuan dan Tanjung Lesung. Kami bawa bantuan berupa bahan makanan, air minum, selimut, dan kebutuhan sehari-hari lainnya hasil pengumpulan dana Fraksi PKS DPR. Saya pribadi menyumbangkan seluruh gaji DPR bulan Desember untuk membantu saudara-sadara kita di sini,” kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Kamis (03/01).

Selain itu, lanjut Anggota DPR Dapil Banten ini, sebagai wakil rakyat Fraksi PKS ingin melihat langsung dan mendengar aspirasi korban terdampak terkait keseluruhan penanganan dan proses rehabilitasi pasca musibah yang dilakukan pemerintah dan pemda dengan seluruh pihak terkait yang sudah membantu.

Baca Juga :  Gelar Konsolidasi Anggota Legislatif, PKS Ingin Songsong Kemenangan Besar

“Tadi kami dengar paparan di Posko Tanggap Bencana DPW PKS Banten tentang peta wilayah terdampak, lokasi pengungsian, dan kebutuhan korban termasuk harapan warga terhadap proses rehabilitasi,” kata Jazuli.

Menurut Anggota Komisi I DPR ini, di antara keluhan dan kebutuhan mendesak warga Labuan adalah pembersihan material sampah dan bangkai kapal yang menutup sungai di sepanjang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan karena sungai yang mampat menyebabkan banjir luapan sungai dan berhentinya aktivitas ekonomi di pasar pelelangan.

“Saya dan relawan PKS langsung sidak menemui warga di lokasi pelelangan dan bertemu dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso. Kami fasilitasi harapan warga dan Alhamdulillah Pemda Banten maupun Pandeglang merespons cepat upaya rehabilitasi dengan pembersihan sampah sungai dan bangkai kapal saat itu juga. Dengan begitu pasar pelelangan ikan bisa beraktivitas ekonomi secara normal,” katanya.

Pada kesempatan berikutnya Jazuli Juwaini mengunjungi wilayah terdampak bencana di Tanjung Lesung untuk menyerahkan bantuan dan berdialog dengan warga masyarakat terdampak bencana. Tepatnya di Kampung Tanjung Jaya, Desa Cikujang, Kecamatan Tanjung Lesung.

Baca Juga :  Tahun 2019, Fraksi PKS Harap Penyelenggara Pemilu Netral

“Harapan mereka agar mendapat bantuan dan kepastian untuk melanjutkan hidup di tengah kondisi rumah dan harta benda yang habis diterjang tsunami. Kami berharap pemerintah daerah dapat merealisasikan bantuan jaminan hidup ini dan membangun kembali rumah warga terutama yang rusak total agar mereka dapat kembali menjalankan kehidupan,” pungkas Jazuli.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.