Hilangkan Bau Brengus Daging Kambing Pakai Cara Ini

Suaramuslim.net – Sebagian ruas di Jalan Merr kota Surabaya kini terlihat mulai dipasang tenda-tenda untuk berjualan hewan seperti sapi dan kambing. Ya, menjelang perayaan Idul Adha, sepanjang area tersebut difungsikan menjadi pasar hewan kurban. Tak jarang para pengendara yang kebetulan melewati sepanjang jalan Merr akan menutup hidung dengan tangan. Ini karena bau kambing bisa menjalar hingga ke ruas jalan di seberang.

Rupanya bau yang berasal dari hewan kambing ini begitu kuat. Bahkan setelah daging kambing dimasak pun, terkadang masih menyisakan bau. Alasan ini yang menjadikan sebagian orang tidak suka makan daging kambing.

-Advertisement-

Untuk menghilangkan aroma menyengat atau bau brengus, daging kambing perlu diolah secara benar. Sumber referensi di internet menyebutkan ada sejumlah bahan alami yang ampuh menghilangkan bau brengus daging kambing. Disamping menggunakan bahan-bahan pilihan, yang perlu diperhatikan lagi adalah proses memasaknya.

Berikut tips dan trik mengolah daging kambing

Jangan mencuci daging kambing

Mencuci daging kambing selama apapun tidak akan menghilangkan baunya. Justru daging kambing tidak perlu dicuci menggunakan air. Agar bau brengus hilang, daging kambing harus dimasak hingga tanak atau cukup lama. Air rebusan daging yang berisi kotoran serta busa sebaiknya dibuang saja agar tidak menyebabkan bau.

Baca Juga :  Penyembelian Hewan Qurban Bukan Acara Seremonial Belaka
Lumuri daging kambing dengan Jahe/ parutan Nanas/ daun Pepaya

Sebelum mengolah daging kambing, kita bisa melumurinya dengan jahe yang sudah dicincang. Cara lain bisa menggunakan perasan air jeruk nipis yang diberikan ke daging lalu dibiarkan selama satu jam.

Merendam daging kambing dengan parutan nanas juga bisa menghilangkan bau brengus. Ini juga sebagai pengganti mencuci daging kambing. Selain itu rendaman nanas juga bisa mempercepat daging menjadi empuk, sehingga tidak alot saat dikunyah. Bahan alami lain yang juga ampuh mengusir bau kambing adalah daun pepaya. Caranya cukup bungkus daging kambing menggunakan daun pepaya selama 30 menit sebelum diolah.

Masalah lain yang dihasilkan dari daging kambing adalah saat kita mengolahnya menjadi sate kambing. Pasca mendapatkan daging korban kebanyakan warga langsung menyate dan dimakan bersama-sama. Meski acara makan sate kambing telah usai namun aromanya masih menempel di rumah. Solusi sederhana untuk mengusir bau kambing dari rumah adalah dengan membuka pintu dan jendela selebar-lebarnya.

Jika ternyata bau tak kunjung hilang, kita bisa gunakan tips berikutnya. Anda perlu menyiapkan beberapa bahan pengusir bau. Seperti menaruh cawan berisi cuka putih seharian di beberapa titik dalam rumah. Karena cuka putih mampu menyerap bau tidak sedap di udara.

Baca Juga :  Agar Berkurban Tidak Menjadi Beban

Selain meletakkan cuka putih, kita bisa menggunakan bubuk kopi. Jangan lupa untuk membersihkan semua peralatan yang digunakan untuk memasak. Selain itu juga bersihkan area permukaan kompor,  dinding di dapur, meja, dan pintu lemari es. Bila perlu pel lantai rumah menggunakan sabun pembersih lalu berikan aroma pewangi ruangan.

Kontributor: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.