Empati Penggugah Nurani, Menyatukan Hati
Petugas Bencana mengevakuasi korban gempa palu dan tsunami Donggala (Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suaramuslim.net) Pemerintah Indonesia menyatakan akan menerima bantuan asing dari dunia internasional untuk mengatasi bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dalam akun twitter resminya @tomlembong, Senin, (1/10).

Last night, President @jokowi authorized us to accept international help for urgent disaster-response & relief. I’m helping coordinate help from private sectors from around the world. Pls message me at my social media accounts or email: tom@bkpm.go.id,” cuitnya yang disertai dengan tanda pagar #PaluTsunami #PALUDONGGALA.

Menurut Thomas, penerimaan bantuan asing ini diputuskan presiden Jokowi pada minggu (30/10) malam. Ia mengatakan dalam bahasa Inggris dan menyampaikan bahwa dirinya akan membantu mengkoordinasikan bantuan dari sektor swasta yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Sementara itu kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa sampai saat ini bencana yang terjadi di Palu dan Donggala belum berstatus bencana nasional.

Baca Juga :  Tsunami Terjang Pantai Palu, Listrik Padam dan Komunikasi Terputus

BNPB mencatat hingga kini korban bencana di Palu dan Donggala mencapai 832 orang, diperkirakan akan terus bertambah sesuai proses evakuasi yang dilakukan oleh tim SAR.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.