Azimkhon Khodjaev selaku Manager Uzbekistan Airways Indonesia saat presentasi di depan tamu undangan yang hadir, Rabu (2/10), foto: Teguh Imami/Suaramuslim.net

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Uzbekistan di kawasan Asia Tengah memiliki tempat-tempat tujuan wisata religi yang menarik bagi para peziarah dari Indonesia. Tempat tujuan wisata religi di Uzbekistan terutama terletak di Tashkent, Samarkand, Bukhara, dan Khiva.

“Pertama, Uzbekistan sangat menarik bagi Indonesia, negara ini bebas visa untuk warga Indonesia. Kedua, penerbangan sekarang sudah tersedia. Juga Uzbekistan adalah tempat paling menarik untuk situs ziarah Islam karena merupakan bumi asal ilmuwan Islam seperti Al Bukhari, At Tirmidzi, Naqshabandi, dll dilahirkan,” ujar Azimkhon Khodjaev selaku Manager Uzbekistan Airways Indonesia saat ditemui di sela launching acara, Rabu (2/10).

Menurut Azimkhon Khodjaev, selain peziarah dapat berkunjung ke monumen Imam Al Bukhari ada banyak destinasi menarik lainnya di Uzbekistan.

“Bahkan di kota Tashkent, Anda memiliki banyak tempat, ada empat Quran tertua di dunia. Salah satunya adalah di Tashkent. Quran tertua adalah Quran Utsman di Tashkent. Jadi Anda dapat mengunjungi itu dan Anda dapat mengunjungi Bukhara, Samarqan, Syiva. Banyak kota kuno dengan museum terbuka. Anda tahu Anda harus pergi ke museum (berjalan-jalan),” tambahnya.

Dalam sejarah, sejumlah tokoh terkenal di Uzbekistan, antara lain Imam Al Bukhari, Khwaja Bahauddin Naqshabandi, Abu Isa Muhammad at-Tirmidzi, Muhammad Abu Mansur al-Maturidi, Amir Temur, dan Abu Ali Ibn Sina.

Selain itu, negara tersebut juga memiliki warisan budaya yang telah berusia ratusan tahun.

Upaya untuk memudahkan para pelancong berwisata ke Uzbekistan, pihak Uzbekistan Airways merundingkan kerja sama pengembangan ke depan dengan Garuda Indonesia berdasarkan nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani sejak 1995.

“Akan ada kesepakatan (kontrak) antara Uzbekistan Airways dan Garuda Indonesia untuk menyediakan penerbangan bagi penumpang dari Surabaya ke Jakarta lalu dilanjutkan (disambungkan) dengan penerbangannya MR Azim ke Taskent secara viceversa/ sebaliknya (hanya butuh satu tiket saja),” kata Azimkhon dalam Launching Uzbekistan Airways Direct Flight di Surabaya, Rabu (2/10).

Dalam kesempatan itu, Uzbekistan Airways juga merilis Touress.com. sebagai aplikasi kemudahan untuk pelancong.

“Touress.com memiliki destinasi Uzbekistan dan travel agent dengan mudah membuat paket wisata sendiri melalui login dan mendapatkan informasi secara instant serta fast respon. Touress.com sebagai B to B Online Destination Management Company berpartisipasi dalam agenda ini,” ujar Dedi selaku Regional Manager Touress.com.

Touress merupakan perusahaan internasional dengan kantor di Indonesia, Timur Tengah, Eropa dan Asia Tengah

“Uzbekistan Airways dan Touress.com sedang bekerjasama untuk mempermudah agen2 dalam mempromosikan Uzbekistan.” Pungkas Dedi.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.