SURABAYA (Suaramuslim.net) – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan di Indonesia ada sekitar satu juta masjid. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri pelantikan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jatim, di Islamic Center, Surabaya, Kamis (3/10).

“Di Malaysia, di Brunei, masjid banyak dibangun pemerintah dan takmir masjidnya adalah pegawai pemerintah. Hanya Indonesia dan Pakistan masjid itu sebagian besar dibangun masyarakat sendiri,” kata Jusuf Kalla.

Kecuali masjid di area pemerintahan, perkantoran, masjid di Indonesia dikelola oleh masyarakat, imbuhnya, hal itu adalah bentuk kecintaan masyarakat pada masjid.

“Kita bersyukur bahwa ini terjadi karena tingginya keimanan masyarakat sehingga suasana keibadahan juga makin tinggi. Karena itu di mana-mana masjid di Indonesia berkembang. Di kantor kantor, sekolah dan perkampungan,” tegasnya.

Saat ini, kata JK, jumlah masjid di Indonesia yang terdata sudah 800 ribu. Bahkan jumlahnya saat ini dikatakan JK sudah mencapai satu juta masjid.

Jusuf Kalla juga melantik Roziqi sebagai ketua DMI Jatim yang baru. Dalam wawancara dengan media, Roziqi menegaskan, DMI siap untuk membantu program-program memakmurkan masjid yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jatim Berkah.

“Dalam rangka ikut menyukseskan program beliau Jatim Berkah, kami siap membantu Jatim Berkah yang di tahun 2019 ini memberikan uang kehormatan pada 11 imam masjid di pedesaan di Jawa Timur. Insya Allah program ini akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya,” ujar Roziqi.

Tidak hanya itu, DMI Jawa Timur juga siap melaksanakan program DMI pusat untuk memperbaiki kualitas pengeras suara di masjid-masjid di Jawa Timur. Hal itu sudah menjadi hasil musywil DMI selain beberapa program yang lain.

“Kita sudah mendapatkan sebanyak 19 kendaraan keliling untuk memperbaiki pengeras suara masjid. Dan kami akan melanjutkan program tersebut,” kata Roziqi.

Dengan bantuan kendaraan tersebut, DMI Jawa Timur menyediakan teknisi untuk melakukan perbaikan pada masjid yang membutuhkan. Program ini akan dilanjutkan demi meningkatkan layanan masyarakat untuk beribadah.

Roziqi sepakat masjid harus dimakmurkan agar masyarakatnya juga mendapatkan keberkahan dan kemakmuran.

Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa masjid di Jatim jumlahnya terbanyak di Indonesia.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.