Inilah 5 Menu Unik Berbuka Puasa dari Beragam Negara

44
menu unik buka puasa, menu berbuka negara lain, malpuas

 Suaramuslim.net – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim. Tidak hanya di Indonesia, bulan Ramadhan juga tengah dilaksanakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bahkan di negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, memiliki hidangan berbuka puasa tersendiri. Menu yang disajikan pun berbeda dari negara satu dan lainnya.

5 Menu Khas Berbagai Negara

Berikut beberapa hidangan khas buka puasa dari berbagai negara di dunia.

Harira

Harira adalah hidangan buka puasa yang biasa disajikan oleh orang Maroko. Harira berupa sup yang terbuat dari kacang-kacangan, buncis, nasi dan kaldu daging. Makanan ini menjadi menu utama yang wajib ada saat berbuka puasa.

Malpuas

Di India, Pakistan, dan Bangladesh, masyarakatnya biasa menyajikan nasi biryani untuk berbuka. Tak hanya itu, mereka juga memiliki menu lain yang disebut malpuas. Malpuas merupakan hidangan ringan yang terbuat dari pisang atau kelapa yang dihancurkan kemudian ditambahkan tepung, susu, dan air. malpuas terdiri dari beberapa variasi. Masing-masing daerah memiliki variasi malpuas yang berbeda, ada yang menggunakan nanas atau mangga sebagai pengganti pisang.

Kurma dan yoghurt

Beberapa dari kita tentu telah mengetahui menu buka puasa orang Arab. Mereka biasa menikmati kurma dan yoghurt untuk berbuka puasa. Bahkan hidangan sederhana ini juga menjadi hidangan utama saat sahur.

Qamar Al Deen

Qamar al deen merupakan minuman segar khas Irak. Minuman ini terbuat dari buah aprikot dan sangat populer di berbagai daerah di Irak. Mereka biasa menikmati qamar al deen ini bersama sup yang terbuat dari kacang-kacangan.

Salad Fattoush

Salad fattoush merupakan salad khas timur tengah yang terdiri dari potongan tomat, timun, dan beberapa sayuran lain, kemudian ditambah potongan roti pita yang dikeringkan. Orang Lebanon biasa menikmati kurma dan air putih untuk takjil. Setelah itu mereka baru menikmati hidangan utama yang terdiri dari jus buah segar, sup kacang, dan salad fattoush.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here