Nasi dan olahan brokoli. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Sebagian besar masyarakat Indonesia biasa mengonsumsi beras atau nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Meski demikian, sebenarnya ada berbagai jenis makanan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Perlu diingat, fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi, membatasi asupan kalori dan mengurangi risiko penyakit. Jika memang ingin menghindari nasi, kamu bisa menggantinya dengan 5 makanan di bawah ini sebagai alternatif karbohidrat.

1. Beras merah

Beras merah sangat baik sebagai makanan pengganti nasi putih. Kandungan nutrisi makanan ini hampir sama dengan nasi yang sering kita konsumsi. Namun, jumlah seratnya cukup tinggi dan indeks glikemik juga cukup rendah.

Oh ya beras merah agak susah dimasak karena memiliki kulit yang keras. Kamu harus memasaknya cukup lama atau membeli beras yang sudah dibuang kulit arinya sehingga mudah empuk saat dimasak.

2. Kentang

Kentang bisa diolah menjadi mashed potato sebagai makanan pengganti nasi. Kalau Kamu ingin inovasi yang menggugah selera bisa membuat perkedel dengan menggunakan kentang ditambah dengan bahan daging dan sayuran yang baik untuk kesehatan.

3. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kelebihan lain yang dimiliki quinoa adalah sumber karbohidrat ini kaya serat, bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

4. Shirataki

Shirataki adalah sejenis mie yang dibuat dari umbi konnyaku. Konnyaku sendiri dikenal sebagai bahan pangan yang ramah bagi pejuang diet, karena rendah kalori dan kaya serat. Olah menjadi masakan apa saja yang biasanya menggunakan mie.

5. Nasi brokoli

Seperti kembang kol, brokoli juga bisa dicincang dan diolah seperti nasi. Serat di dalam brokoli baik untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori, lho.

Vitamin C dan dan kalsium di dalam brokoli akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Brokoli dipecah di dalam lambung menjadi sejumlah senyawa. Salah satunya adalah indolocarbazole atau ICZ. ICZ mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon atau AHR yang bertugas menjaga kelancaran fungsi cerna usus.

6. Oatmeal

Oatmeal, makanan pokok pengganti nasi yang lezat. Mereka adalah sumber serat yang sangat baik kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sebagai makanan pengganti nasi, oatmeal memiliki efek kesehatan yang menguntungkan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

7. Kacang merah

Kacang merah yang dimasak, mengandung 22,8% karbohidrat dalam bentuk pati dan serat. Makanan yang sering dimasak dalam bentuk sup ini, juga kaya akan kandungan protein.

Berbagai kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya pun membuat kacang merah, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko kanker usus besar.

8. Jagung

Di sebagian daerah di Indonesia, jagung bukanlah makanan asing. Nasi jagung bahkan sudah menjadi penganan sehari-hari pengganti nasi yang dikonsumsi secara turun-menurun. Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi.Selain itu, makanan pengganti nasi ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang tentunya penting untuk tubuh. Serat pada jagung dapat membantu kamu menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.