Menengok Perkembangan Makanan Tradisional Surabaya, Semanggi

Perkembangan Makanan Tradisional Semanggi Surabaya

Suaramuslim.net – Tidak afdhol rasanya jika berkunjung ke Surabaya, tanpa mencicipi makanan tradisional kota pahlawan. Semanggi Surabaya misalnya, makanan nikmat nan legendaris yang sudah ada sejak dulu namun kini mulai memudar pamornya. Mengapa demikian berikut ulasannya.

Sama halnya dengan rujak cingur dan lontong balap, semanggi juga merupakan makanan tradisional kota surabaya.  Pamornya yang tak begitu cemerlang membuat makanan yang berasal mula dari daerah Benowo (Surabaya Barat) ini mulai dilupakan oleh warga Surabaya.

Semanggi adalah makanan tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis makanan pecel namun bahan dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya. Karena menggunakan bahan dasar daun semanggi dan bumbu yang digunakan terbuat dari ketela rambat sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Dulunya, makanan tradisional khas Surabaya ini tidak mudah untuk ditemukan di semua tempat di Surabaya. Karena kebanyakan dari mereka menjajakan Pecel Semanggi dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Pecel Semanggi ini bisa lebih mudah  ditemukan di Desa Kedung,  Kecamatan Benowo, Surabaya. Yaitu daerah pinggiran kota Surabaya yang berbatasan dengan Gresik, Jawa Timur. Di sana terkenal dengan budidaya tanaman semanggi dan sebagian besar warganya berprofesi sebagai penjual Pecel Semanggi.

Baca Juga :  Tempat Hits Buka Puasa di Surabaya

Namun sekarang, Anda bisa menemukan penjaja pecel semanggi di taman bungkul, atau taman kota lainnya. Mudah saja untuk mengenali penjaja pecel semanggi, karena uniknya para penjaja pecel semanggi akan menjajakan jualannya dengan berpakaian kebaya dan jarit . Mereka berkeliling menggendong bakul yang berisi dagangan mereka.

Komposisi Pecel Semanggi Surabaya

Pecel Semanggi ini dibuat dari bahan dasar seperti semanggi, kecambah dan kangkung. Pada proses pembuatannya, bahan dasar tersebut dibersihkan terlebih dahulu lalu direbus lalu disajikan. Dalam penyajiannya, Pecel Semanggi ini biasanya disajikan menggunakan pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Bahan yang sudah direbus tadi kemudian siapkan ke dalam pincuk lalu disiram siram dengan saus bumbu khusus. Saus bumbu yang digunakan ini terbuat dari bahan seperti ketela rambat, kacang, gula merah dan lain–lain. Setalah itu sebagai pelengkap ditambahkan juga krupuk puli atau kerupuk beras.

Pecel Semanggi ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Selain dari bahannya, bumbu yang digunakan pun berbeda dengan bumbu pecel pada umumnya. Rasa bumbu Pecel Semanggi ini pada dasarnya didominasi rasa manis karena merupakan hasil perpaduan rasa ketela, kacang dan gula jawa. Selain itu bumbu Pecel Semanggi ini memiliki tekstur yang lebih lembut. Namun bagi Anda penikmat makanan pedas, penjual Pecel Semanggi biasanya juga menyediakannya dengan penambahan cabai dan bumbu petis.

Baca Juga :  Tempat Hits Buka Puasa di Surabaya

Bagi Anda yang berkunjung ke Surabaya, Pecel Semanggi ini tentu sangat cocok untuk di jadikan pilihan bagi Anda untuk menikmati makanan tradisional yang ada disana.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.