Manisnya Cicip Jambu Kristal di Wisata Petik Jambu

84
Manisnya Cicip Jambu Kristal di Wisata Petik Jambu
Keluarga penulis berwisata di Wisata Jambu Kristal. (Dokumen pribadi)

Suaramuslim.net РHari Ahad atau Minggu merupakan hari libur bagi para pegawai atau karyawan untuk santai dan kumpul bersama keluarga setelah sepekan bekerja. Hari libur bersama keluarga bisa kita manfaatkan untuk jalan-jalan ketempat wisata untuk melepas penat. Mengunjungi tempat wisata tentunya dengan biaya terjangkau, menyenangkan sekaligus memuaskan. Berkunjung ke tempat wisata tidak harus ke tempat yang jauh, sekarang ada tempat wisata baru yang lagi viral. Tempat wisata yang lagi viral ini adalah Wisata Petik Jambu.

Wisata petik jambu ini berlokasi di Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Rute untuk menuju ke Wisata Petik Jambu ini sangat mudah, jika anda dari arah Surabara-Sidoarjo, bisa ikuti arah Sidoarjo-Krian. Nanti bertemu di perempatan Pilang menuju ke arah selatan menuju pasar Tulangan. Dari pasar Tulangan ke arah barat lewat Kepadangan SMK Hasyim Asy’ari Tulangan, setelah itu belok ke arah selatan sekitar kurang lebih 1km ke Desa Kebaron.

-Advertisement-

Bisa juga dari arah Tanggulangin ke barat menuju ke arah Tulangan sekitar 10 km. Kalau dari arah Malang, kita bisa ikuti jalur Pasar Baru Porong. Dari situ kita lurus ke arah barat jalur Krembung. Sebelum Pasar Krembung kita akan bertemu perempatan Kandangan Krembung. Di situ kita belok ke kanan ke arah utara, lurus sekitar kurang lebih 2 km kemudian belok ke kiri ke arah Desa Kebaron.

Baca Juga :  Bahaya Tayangan Pornografi Bagi Otak

Sampai di lokasi tempat wisata petik jambu, kita akan dikenai tiket masuk hanya Rp 3.000 per orang. Lokasi petik jambu ini berada di tengah sawah seluas 5,5 hektar, yang ditanami berbagai pohon jenis jambu. Jenis pohon yang ditanam di antaranya jenis jambu kristal, jambu sukun, jambu merah dan jambu ungu. Kebun jambu ini dimiliki Pak Mansur yang dikelola bersama istrinya Bu Ratmi dengan menyewa tanah kas desa.

Setelah membayar tiket masuk ke area kebun wisata petik jambu, kita bisa langsung jalan mengelilingi kebun jambu sambil memetik buah yang sudah masak. Kita bebas memilih memetik dan langsung kita makan jambunya di tempat area kebun jambu sambil duduk santai di gubuk. Penulis juga membuktikan ke lokasi, dengan memetik dan memakannya. Jenis jambu yang penulis makan jenis kristal dan jambu merah. Hmm, ketika digigit rasanya empuk dan manis.

Manisnya Cicip Jambu Kristal di Wisata Petik Jambu
Jambu kristal (Youtube.com)

Puas memakan jambunya, kita bisa membawa pulang jambunya maksimal 3 Kg. Per kilogramnya dihargai Rp 6.000 untuk jenis jambu kristal, jambu sukun dan jambu merah. Tapi untuk jenis jambu ungu yang dipetik dihargai Rp 10.000/kg. Sebelum jambu dibawa pulang, jambu akan ditimbang sekaligus membayarnya.

Baca Juga :  Peran Ayah dalam Perspektif Pendidikan Islam

Jambu krital sangat baik untuk penyakit diare. Selain itu, jambu krital juga berkhasiat untuk sembelit, sulit buang air besar, dan sembelit. Karena ia mengandung serat yang tinggi kadarnya. Jambu kristal juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Karena ia mengandung vitamin E.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.