Masjid Al Abror Berusia 341 Tahun, Masjid Tertua Di Kota Sidoarjo
Masjid Al Abror, Sidoarjo. (Dok. Pribadi Choirul Hisyam)

Suaramuslim.net – Saat mengunjungi Kota Delta Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, ada baiknya Kamu sempatkan berkunjung/salat ke kawasan riligi Masjid Al Abror Pekauman yang merupakan salah satu masjid tertua. Berdasarkan data informasi takmir Masjid, bahwa Masjid Al Abror ini telah berusia sekitar 341 tahun. Masjid yang dibangun sejak tahun 1678 tahun silam berada di Kelurahan Pekauman, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo.

Masjid ini berdiri kokoh di antara pusat perbelanjaan pasar tradisional dan perkampungan padat penduduk. Masjid ini posisinya agak menjorok ke dalam, sisi barat berbatasan dengan sungai Jetis yang membelah Kota Sidoarjo. Sebelah utara masjid bersebelahan pasar tradisional dan bangunan mal Jalan Gajahmada sekaligus pertokoan pusat perbelanjaan. Memang bangunan masjid ini tidak terlalu tampak terlihat dari sisi timur oleh para pengguna jalan poros utama Surabaya Malang.

Bangunan masjid dua lantai ini terlihat arsitekturnya dengan cat didominasi warna hijau dan kuning keemasan. Saat dilihat dari dekat, masjid ini tampak megah dengan gaya arsitektur yang masih khas. Masjid ini sudah direnovasi tiga kali. Bangunan tuanya hanya menyisakan dua tanda peninggalan bangunan Tahun 1678. Yakni pintu masuk sisi utara masjid yang dicat putih dan penunjuk waktu salat dengan hitungan sinar matahari.

Baca Juga :  Tiga Lokasi Wisata Belanja di Sidoarjo yang Patut Disambangi Saat Mudik

Renovasi terakhir Masjid Al Abror tahun 2007. Dalam renovasi terakhir itu, semua bagunan diubah hingga berwujud seperti sekarang ini.

Masjid ini memiliki perpaduan warna hijau dan kuning terlihat sangat indah dan tampak menonjol dari kejauhan. Masjid Al Abror memiliki dua menara yang cukup cantik terlihat berdiri dengan kokohnya. Di dalam ruangan masjid cukup sejuk. Dilengkapi dengan pendingin udara yang cukup banyak, Masjid tertua di Sidoarjo ini cukup nyaman untuk duduk berlama-lama sambil berdiskusi tentang sejarah agama Islam. 

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.