Jangan Risau, Ini 8 Doa Agar Dimudahkan Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi arsitek. (Ils: Dribbble/Uran)

Suaramuslim.net – Salah satu kondisi yang sangat tidak disukai oleh kebanyakan orang adalah menganggur. Kondisi di mana kita tidak memiliki pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan. Semua orang tidak menginginkan dirinya menganggur, hanya orang super malas yang mendambakan bisa menganggur seumur hidup.

Mendapatkan pekerjaan saat ini bukanlah perkara yang mudah. Tingkat persaingan yang tinggi membuat banyak lulusan sekolah atau pun perguruan tinggi masih saja kesulitan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Akibatnya, banyak pengangguran berijazah yang tidak mampu diserap oleh lapangan pekerjaan.

Menganggur memiliki dampak buruk, di antaranya akan menjadi beban bagi keluarganya. Sebab segala kebutuhannya dicukupi dengan cara meminta terus kepada orang tua atau saudaranya. Padahal menganggur itu adalah hal yang dibenci oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lebih baik seseorang bekerja dengan mengumpulkan seikat kayu bakar di punggungnya dibanding dengan seseorang yang meminta-minta (mengemis) lantas ada yang memberi atau enggan memberi sesuatu padanya.” (HR Bukhari No 2074).

 Jika saat ini Anda sedang berusaha melamar pekerjaan, namun masih belum juga mendapatkannya, jangan cemas. Iringi usaha keras Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan banyak berdoa. Karena, berusaha tanpa berdoa ibarat sayur kurang garam, dan berdoa tanpa berusaha ibarat sayur tanpa garam. Hanya berdoa kepada Allah sajalah satu-satunya jalan yang dapat memberikan Anda pekerjaan seperti yang Anda harapkan.

Baca Juga :  Jangan Lupakan Doa Ini Sebelum Salam

Lalu, apa saja doa mendapatkan pekerjaan yang bisa Anda panjatkan kepada Allah?

  1. Doa agar cepat dapat kerja I

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

  1. Doa agar cepat dapat kerja II

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

“Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku. (HR. Ibnu An-Najjar).

  1. Doa agar cepat dapat kerja III

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

  1. Doa agar cepat dapat kerja IV

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

“Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.

  1. Doa agar cepat dapat kerja V
Baca Juga :  Hakikat Hijrah dalam Islam

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (Al-Qashash: 24).

  1. Berdoa dengan doa yang mutlak

Doa mutlak adalah doa yang Anda bebas untuk menentukan sendiri lafaz teks doanya. Contohnya adalah sebagai berikut: “Ya Allah berikanlah hamba pekerjaan yang baik untuk agama dan dunia hamba.”

“Ya Allah mudahkanlah hamba dalam mendapatkan pekerjaan.” Dan lain sebagainya.

Adapun dalil yang melandasi pembolehan menggunakan doa mutlak adalah sabda Rasulullah, “Hendaklah seseorang di antara kalian memilih doa yang dia kagumi, lalu dia berdoa kepada Allah ‘azza wa jalla.” (HR. Bukhari dan an-Nasai. Lafadz tersebut adalah milik an-Nasai).

  1. Meminta doa kepada orang tua

Saran saya adalah jangan pernah tinggalkan doa yang satu ini jika Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan. Meskipun orang tua selalu mendoakan agar anaknya mendapatkan apa pun yang terbaik dalam hidupnya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda secara khusus meminta doa keduanya agar dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan.

Karena doa orang tua itu sangatlah dahsyat, beberapa kali saya mendengar kisah tentang orang tua yang mendoakan anaknya dan terkabul. Oleh sebab itu, jangan pernah remehkan doa yang satu ini. Mintalah restu dan doa kedua orang tua Anda agar dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan.

  1. Memanfaatkan doanya para malaikat
Baca Juga :  Jangan Lupakan 3 Doa Ini Saat Sujud

Anda bisa memanfaatkan para malaikat untuk mendoakan Anda. Bayangkan, makhluk yang selalu tunduk patuh terhadap perintah Allah dan tidak pernah bermaksiat kepada-Nya, mau mendoakan Anda. Lalu, bagaimana caranya agar Anda didoakan oleh malaikat?

Mudah saja, Anda hanya perlu mendoakan teman Anda tanpa sepengetahuannya agar segera mendapatkan pekerjaan, maka secara otomatis malaikat akan mendoakan Anda persis seperti doa Anda kepada teman Anda tersebut.

Dalilnya adalah sebuah hadits Nabi yang berbunyi : “Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim).

Ingat, selain membaca doa mendapatkan pekerjaan di atas, Anda juga harus memerhatikan adab-adab dalam berdoa, syarat-syarat terkabulkannya doa dan menjauhi segala hal yang membuat doa Anda tidak diterima oleh Allah. Sehingga doa Anda bisa menembus langit dan keinginan Anda untuk segera mendapatkan pekerjaan segera dikabulkan oleh Allah.  Aamiin.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.