Median: Jokowi Mengalami Tren Penurunan Elektabilitas

Median: Jokowi Mengalami Tren Penurunan Elektabilitas

Periode Kedua Pemerintahan Jokowi akan Fokus Pembangunan SDM
Periode Kedua Pemerintahan Jokowi akan Fokus Pembangunan SDM (Foto: ANTARA)

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Presiden Joko Widodo pada Sabtu (3/3) melalui akun Youtube-nya mengunggah sebuah vlog dirinya sedang berlatih tinju di Istana Bogor.

Pengamat Politik dan Direktur Media Survey Nasional (MEDIAN) Rico Marbun pada Senin (5/3) kepada Suaramuslim.net menyebut bahwa vlog tersebut bukan sekedar vlog biasa namun memiliki pesan politik yang ingin disampaikan Jokowi, “artinya Jokowi siap bertarung di Pilpres 2019”.

Rico Marbun mensinyalir tren elektabilitas Jokowi yang dari hari ke hari semakin mengalami penurunan membuat Jokowi ingin menyampaikan kepada publik bahwa ia siap maju kembali bertarung di Pilpres 2019.

“Elektabilitas Jokowi jika menurut survey kami ada di kisaran angka 35-40% , dan tiap bulan trennya juga terus menurun, ini lampu kuning untuk Jokowi” jelas Rico.

Selain itu Rico menyebut jika tren elektabilitas Jokowi terus menurun, sementara elektabilitas lawan-lawan Jokowi terus mengalami tren peningkatan.

“Ada 10 besar tokoh yang masuk radar survey kami sebagai capres, dan elektabilitas selain Jokowi terus meningkat dari waktu ke waktu” ujar Rico.

10 Calon Presiden menurut Survey Median berurutan berdasar elektabilitas adalah Joko Widodo, Prabowo Subianto, Gatot  Nurmantyo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, Jusuf Kalla, Hari Tanoe, Anis Matta, Fahri Hamzah dan Tuan Guru Bajang.

Reporter/Editor: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

 

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!