Pesan Politik Dibalik Latihan Tinju Jokowi

Vlog Jokowi saat berlatih tinju di Istana Bogor (foto: youtube)

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Presiden Joko Widodo pada Sabtu (3/3) melalui akun Youtube-nya mengunggah sebuah vlog dirinya sedang melakukan latihan tinju bersama seorang pelatih di Istana Bogor.

Pengamat Politik dan Direktur Media Survey Nasional (MEDIAN) Rico Marbun pada Senin (5/3) kepada Suaramuslim.net menyebut bahwa vlog tersebut bukan sekedar vlog biasa namun memiliki pesan politik yang ingin disampaikan oleh Jokowi.

Menurut Rico, Presiden Joko Widodo bukan pertama kalinya menggunakan simbol-simbol dalam menyampaikan pesan politiknya. Sebelumnya ketika publik santer membicarakan reshuffle kabinet, Jokowi mengunggah sebuah vlog sedang bermain sepak bola. Atau ketika dikabarkan sedang cukup renggang dengan Prabowo Subianto, Jokowi datang untuk berkuda bersama Prabowo.

“Dan dalam vlog itu jelas sekali Jokowi ingin menyampaikan pesan pada kawan maupun lawannya bahwa dirinya siap bertarung melawan siapapun di Pilpres 2019” jelas Rico.

Belakangan pasca PDI Perjuangan mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi untuk maju kembali dalam Pilpres 2019, berbagai lembaga survey dan media massa banyak membincangkan seputar elektabilitas Joko Widodo. Selain MEDIAN, berbagai lembaga Survey lain seperti Voxpol Center, LSI Denny JA hingga Poltracking merilis elektabilitas masih dibawah 60% yang artinya masih dalam posisi rawan.

Baca Juga :  Ketua DPR Himbau Masyarakat Ciptakan Stabilitas Keamanan di 2019

Maka menurut Rico, vlog tersebut adalah bagian dari jawaban Jokowi secara simbolik bahwa dirinya siap maju kembali meski secara elektabilitas masih berpeluang disaingi Capres lain.

Reporter/Editor : Ahmad Jilul Qur’ani Farid

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.