Melawan Teroris Bangkitkan Kembali Sishankamrata

113

Suaramuslim.net – Terlepas dari kekurangannya, Orde Baru mempunyai sistem keamanan terhadap bangsa ini sangat baik dan handal, mengingat negara dengan 17 ribu pulau tanpa melibatkan peran serta masyarakat rasanya omong kosong saja bisa menjamin keamanan negara ini.

Sangat handal pencipta Sishankamrata untuk negara ini secara geo strategis menjaga keamanan negara bangsa dengan nilai-nilai jati diri bangsa Pancasila dan UUD 1945.

-Advertisement-

Pihak asing sangat tidak menghendaki Indonesia aman dan sejahtera, maka lewat antek -antek nya NGO dan agen-agen yang duduk di MPR mengamandemen UUD 1945. Amandemen ternyata bukan hanya menambah dan mengurangi pasal-pasal tetapi telah menghapuskan nilai-nilai jati diri bangsa, menghabisi sitem pertahanan dan kedaulatan rakyat.

Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau yang disingkat Sishankamrata adalah suatu sistem pertahanan keamanan dengan komponen yang terdiri dari seluruh potensi, kemampuan, dan kekuatan nasional yang bekerja secara total, integral serta berlanjut untuk mewujudkan kemampuan dalam upaya pertahanan keamanan negara.

Bahkan sistem ini sangat tepat untuk menjaga negara dengan 17 ribu pulau. Jika saja kita sadar tentang perlunya menjaga negara ini maka penyelundupan narkoba, persoalan TKA China, bahkan deteksi dini soal teroris bisa diawasi oleh masyarakat.

Baca Juga :  PBNU Mengutuk Keras Peledakan Tiga Bom Gereja di Surabaya

Sishankamrata merupakan amanat konstitusi yang didasari oleh UUD Tahun 1945 yaitu “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Dalam Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”.

Butuh kesadaran dan solusi nyata tidak cukup hanya ramai-ramai membuat pernyataan yang kemudian hilang tanpa bekas. Sementara keadaan masyarakat tidak pernah tenang karena kita tidak mempunyai solusi kecuali hanya sekedar ikut menyalakan lilin dan itu pun hanya simbolik yang kemudian tidak berbekas.

Oleh: Prihandoyo Kuswanto
Ketua Rumah Pancasila

Opini yang terkandung di dalam artikel ini adalah milik penulis pribadi, dan tidak merefleksikan kebijakan editorial Suaramuslim.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.