Home Insight Membaca dan Melantunkan Al Quran Sehat dan Menyehatkan

Membaca dan Melantunkan Al Quran Sehat dan Menyehatkan

0
Membaca dan Melantunkan Al Quran Sehat dan Menyehatkan
Ilustrasi seseorang membaca Al Quran. (Ils: Pinterest)

Suaramuslim.net – Membaca Al Quran itu sehat dan menyehatkan. Menurut survei yang dilakukan oleh dr. Al Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, telah berhasil dibuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci Al Quran, baik bagi yang mengerti bahasa Arab atau tidak, ternyata memberikan perubahan fisiologis yang sangat besar. Termasuk salah satunya menangkal berbagai macam penyakit. Karena memang Al Quran membawa kesembuhan. “Dan katakanlah (wahai Muhammad ) bahwa (Al Qur’an) itu adalah petunjuk dan menyembuhkan bagi orang-orang yang beriman” (QS Fushshilat  44).

Hal ini dikuatkan lagi oleh penemuan Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston. Lalu mengapa di dalam Islam ketika kita mengaji disarankan untuk bersuara? Minimal untuk diri sendiri alias terdengar oleh telinga kita. Membaca dan melantunkan Al Quran sehat dan menyehatkan. Berikut penjelasan logisnya:

  1. Getaran suara bacaan bisa menyeimbangkan sel-sel

Setiap sel di dalam tubuh kita bergetar di dalam sebuah sistem yang seksama, dan perubahan sekecil apapun dalam getaran ini akan menimbulkan potensi penyakit di berbagai bagian tubuh. Nah, sel-sel yang rusak ini harus digetarkan kembali untuk mengembalikan keseimbangannya. Hal ini artinya harus dengan suara. Maka muncullah terapi suara. Ditemukan oleh Alfred Tomatis seorang dokter di Prancis.

Sementara Dr. Al Qadhi menemukan bahwa membaca Al Quran dengan bersuara, memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sel-sel otak untuk mengembalikan keseimbangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membaca Al Quran itu sehat dan menyehatkan.

  1. Frekuensi suara ikut dalam proses penyembuhan kanker
Baca Juga :  Bisakah Belajar Membaca Al Quran Tanpa Guru?

Penelitian berikutnya membuktikan sel kanker dapat hancur dengan menggunakan frekuensi suara saja. Dan kembali terbukti bahwa membaca Al Quran memiliki dampak hebat dalam proses penyembuhan penyakit selevel kanker.

Sehingga membaca Al Quran itu sehat dan menyehatkan serta ikut dalam proses peyembuhan. Dan membaca dan melauntunkan Al Quran itu perintah Allah dan Rasul saw. Dan kesembuhan itu datangnya dari Allah Swt. semata, seperti doa Nabi Ibrahim as. Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku(QS. Asy Syu’araa 80).

  1. Virus dan kuman berhenti bergetar saat dibacakan ayat suci Al Qur’an 

Pada saat yang sama, sel-sel sehat menjadi aktif. Hal ini mengembalikan keseimbangan program yang terganggu tadi. Karena Membaca Al Quran itu sehat dan menyehatkan. Inilah salah satu dari jutaan hikmah Al Quran sebagai penawar/kesembuhan. “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (QS Al Isra 82).

Dan yang lebih menguatkan supaya diri ini makin getol baca Al Quran adalah karena menurut survei:
suara yang paling memiliki pengaruh kuat terhadap sel-sel tubuh adalah suara si pemilik tubuh itu sendiri.

Baca Juga :  Keutamaan Membaca Surat al-Ikhlas

Inilah rahasia berdoa dan membaca Alquran secara lemah lembut. “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut” (QS Al A’raf 55). Karena membaca dan melantunkan Al Quran hasilkan keseimbangan tubuh dan sel.

Mengapa salat berjemaah lebih dianjurkan? Karena ada doa yang dilantunkan terdengar jemaah sehingga terdengar oleh telinga. Dan ini bisa memgembalikan sistem yang seharian rusak. Sebab, membaca Al Quran itu sehat dan menyehatkan.

Dan semua itu terjadi atas izin Allah semata. “Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu ‘Maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah’” (QS Al Kahfi) 39). Keikhlasan dan kasabaran kita yang akan sampai ke sisi Allah SWT.

Mengapa dalam Islam mendengarkan lagu hingar bingar tidak dianjurkan? Karena survei membuktikan bahwa getaran suara bisa MEMBUAT TUBUH TIDAK SEIMBANG. Maka kesimpulannya adalah:

  1. Bacalah Al Quran di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mengembalikan sistem tubuh kembali normal.
  2. Kurangi mendengarkan musik hingar bingar, ganti saja dengan murotal yang jelas-jelas memberikan efek menyembuhkan. Siapa tahu kita punya potensi kena kanker, tapi karena rajin dengerkan murotal, semoga hancur sebelum terdeteksi. Insyaallah
  3. Perbaiki bacaan Al Quran kita, karena efek suara kita sendirilah yang paling dasyat dalam penyembuhan.
Baca Juga :  Belajar dan Mengajarkan Al-Quran

Sedangkan di bawah ini, kumpulan hadis Rasulullah yang memerintahkan umat Islam yang beriman untuk membaca Al Quran dan pahala yg dijanjikan bagi si pembacanya. Allah Swt. sangat senang apabila kita rajin membaca Al Quran sebagai firman-Nya. Namun yang harus ditanamkan dalam pikiran setiap kita, bahwa Al Quran tidak sekadar dibaca atau dilantunkan, tapi juga dihafalkan dan diamalkan.

Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya barang siapa yang dalam dirinya tiada bacaan al quran maka ia seperti halnya rumah yang roboh.” Sabda Nabi Muhammad saw yang lain, “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR Bukhari)

Sabda Nabi Muhammad saw: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR At-Tirmidzi). Sabda Nabi Muhammad saw, “Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal, dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.