Tips Jitu Membuat Anak Mengidolakan Rasulullah SAW

Tips Jitu Membuat Anak Mengidolakan Rasulullah SAW

Suaramuslim.net – Superhero, pemain sepak bola, pemain band, kini tidak hanya dikenal anak-anak, tapi juga diidolakan. Gaya rambut, cara bicara, model baju, semua ditiru. Namun apakah kemudian sosok Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga begitu diidolakan?

Pertanyaan di atas, rasanya kita sudah tahu jawabannya. Belum. Selama ini para tokoh superhero menjadi teladan dan idola di sebagian anak-anak. Padahal, kehebatan yang dimiliki tokoh tersebut hanyalah fiktif belaka. Lain halnya dengan Rasulullah, yang memiliki kehebatan yang sesungguhnya.

“Tak kenal maka tak sayang, Tak sayang maka tak cinta, Tak cinta maka tak meneladani.” Demikian ungkapan yang sangat pas, untuk menjawab alasan anak lebih meneladani tokoh super hero dibandingkan Rasulullah SAW.

Kebanyakan anak hanya mengetahui Rasulullah sebagai Nabi dan bahkan tidak mengenal kehebatan Rasulullah yang nyata dibandingkan dengan para tokoh superhero yang merupakan fiktif belaka. Akhirnya, jika ditanya tentang idolanya, anak akan menjawab batman, superman, spiderman, power rangers atau super hero lainnya. Tokoh super hero imaginatif telah lebih dulu dikenal anak-anak karena tayangan di televisi.

Baca Juga :  Tips Agar Anak Berakhlak Baik

Padahal, tidak ada teladan yang lebih baik daripada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah telah memerintahkan kita untuk meneladani segala perilaku, akhlak, dan tindakan Rasulullah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Maka mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah materi penting yang dapat kita masukkan dalam kurikulum pendidikan keluarga kita sebagai keluarga muslim. Sejak dini, anak-anak hendaknya sudah mulai dikenalkan pada Rasulullah agar pelan-pelan tumbuh keimanan dan kecintaannya pada sosok seorang Rasul Allah tersebut.

Ceritakan pada Anak Kisah tentang Rasulullah

Anak-anak biasanya senang mendengar cerita. Bacakan cerita tentang kehidupan Rasulullah setiap harinya. Pilihlah sumber buku atau film tentang  Rasulullah yang sesuai untuk anak-anak. Saat ini kita dapat menemukan buku-buku tentang riwayat Rasulullah yang cocok untuk anak-anak. Beberapa film kartun tentang kehidupan Rasulullah pun telah tersedia.

Ketika melakukan kegiatan sehari-hari, sebutkan bahwa hal itu juga dilakukan oleh Rasulullah. Misalnya ketika berpakaian kita dapat menyebutkan,  “Tahukah anakku Rasulullah Nabi kita idola kita memakai pakaian dari yang kanan. Jika kita mengikutinya kita akan mendapat pahala.” Ketika makan dapat kita kenalkan dengan adab makan yang dilakukan Rasulullah.

Baca Juga :  Pornografi, Candu yang Merusak Otak Anak

Mengenalkan keluarga Rasulullah dengan membuat pohon keluarga. Pohon keluarga yang kita gambar atau buat bersama anak-anak akan membuat anak mudah mengingatnya.

Buatlah Mind Mapping Peristiwa Penting Rasulullah

Membuat lapbook tentang peristiwa-peristiwa penting dari kehidupan Rasulullah. Lapbook adalah semacam kliping yang dapat kita buat sendiri bersama anak-anak. Kita dapat membuat buku sederhana yang dilipat-lipat dan ditempeli gambar yang menandakan peristwa tertentu. Anak-anak akan antusias ketika diajak membuat buku. Ajak anak untuk menggambar, menempel atau menggunting sesuai dengan kemampuannya.

Anda juga bisa mengajak anak untuk membuat kerajinan tangan yang kreatif. Misalnya kaligrafi bertuliskan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  atau poster silsilah nabi. Seru juga kalau kaligrafi atau hiasan ini dibuat sendiri bersama anak.

Mengajak Anak Mengerjakan Sunah Rasulullah

Selain bagian dari ibadah, mengerjakan sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti memotong kuku pada hari jum’at, makan dengan tangan kanan dan lainnya bisa menjadi sarana untuk mengenalkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menumbuhkan kecintaan pada beliau.

Baca Juga :  Cara Mengajarkan Pendidikan Seks pada Anak

Nah, demikian ulasan ringkas beberapa cara yang dapat anda coba untuk memperkenalkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada anak sejak dini.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.