Mengenal Sosok Rashida dan Ilhan, Muslimah yang terpilih jadi Anggota Kongres AS

Mengenal Sosok Rashida dan Ilhan, Muslimah yang terpilih jadi Anggota Kongres AS

Mengenal Sosok Rashida dan Ilhan, Muslimah yang terpilih jadi Anggota Kongres AS
Mengenal Sosok Rashida dan Ilhan, Muslimah yang terpilih jadi Anggota Kongres AS (Foto: Ist)

Washington (Suaramuslim.net) – Rashida Tlaib seorang keturunan Palestina-Amerika dan Ilhan Omar keturunan Somalia menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres Amerika Serikat.

Tlaib di distrik kongres ke-13 di Michigan dalam suatu pemilihan yang ia adalah satu-satunya kandidat partai utama. Sementara itu, Omar memenangkan distrik kongres kelima yang sangat demokratis di Minnesota, menggantikan anggota kongres Muslim yang pertama, Keith Ellison, yang meninggalkan posisinya untuk ikut dalam pemilihan kejaksaan umum di negara bagian.

Siapakah Rashida Tlaib dan Ilhan Omar?

Rashida Tlaib saat ini berumur 42 tahun. Rashida lahir di kota Detroit dari orang tua imigran asal Palestina.

Pada tahun 2008 dia membuat sejarah dengan memenangkan kursi di Legislatif Michigan, menjadi wanita Muslim pertama yang melakukannya.

Sebagaimana yang dikutip dari Aljazeera, Rashida Tlaib mempunyai platform kampanye yang menjanjikan upah minimum 15 Dolar AS, mencegah pemotongan untuk program kesejahteraan, seperti Medicare dan Jaminan Sosial serta menghentikan keringanan pajak untuk perusahaan besar.

Sementara Omar, yang tiba di AS pada usia 14 tahun setelah melarikan diri dari perang sipil di Somalia, berkampanye di platform progresif yang sama, menyerukan kesehatan universal dan perguruan tinggi bebas biaya.

“Distrik ini adalah distrik yang sangat optimistis untuk memastikan nilai-nilai progresif penduduknya dapat terwakili,“ ujar Ilhan Omar, seperti dikutip dari Vox, Rabu (7/11).

Dia mengatakan kehidupan politiknya bermula saat menghadiri acara partai buruh dan petani demokrat setempat dengan kakeknya setelah tiba di AS.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!