3 Minuman Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

3 Minuman Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Suaramuslim.net – Sebagian orang acapkali kurang memberi perhatian terhadap minuman yang mereka konsumsi. Jika haus, seringkali sebagian besar dari kita hanya mencari minuman yang segar tanpa melihat baik buruknya untuk tubuh kita. Berikut ini beberapa minuman yang sangat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Air Putih

Manfaat air putih untuk tubuh manusia memang tidak perlu diragukan lagi, berikut adalah beberapa manfaat air putih yang secara tidak terduga memiliki peran vital terhadap keberlangsungan hidup manusia.  Selain menjadi minuman pereda dahaga, air putih juga bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan tubuh. Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

-Advertisement-

Tak hanya itu, air putih juga dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Tanpa bantuan dari air putih, tubuh tidak akan mengeluarkan keringat. Jika tubuh tidak mengeluarkan keringat, artinya proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh akan terhambat. Karena racun dalam tubuh keluar melalui keringat. Dan keringat akan keluar dengan bantuan air putih yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga :  Minuman Bir Ini Halal dan Menyehatkan Lho!
Teh Rosella

Air putih memang merupakan minuman yang paling sehat di antara deretan minuman lainnya. Jika termasuk penikmat teh, Anda tidak boleh melewatkan teh rosella. Selain memiliki rasa yang segar, teh ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terdapat banyak manfaat teh rosella untuk kesehatan. Fruit acid yang terdapat dalam teh bunga rosella akan bekerja seperti pencahar. Beberapa bahan kimia lain yang terkandung di dalamnya juga disebut dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kejang di perut, usus, dan rahim, serta bekerja seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan cacing.

Manfaat teh rosella lainnya antara lain, mengatasi masalah hilangnya nafsu makan, demam, penyakit jantung dan saraf, nyeri saluran pernapasan bagian atas, retensi cairan, dan iritasi lambung.

Teh Hijau, Cocok untuk Program Diet

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi setelah teh hitam. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan tinggi antoksidan yang disebut polifenol serta rendah kafein.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh kita, seperti mengencangkan kulit dan menghindarkannya dari tanda-tanda penuaan dini.

Baca Juga :  Manfaat Membersihkan Gigi dengan Siwak

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan psikis karena efek teh sendiri dapat digunakan untuk menenangkan. Selain polifenol, teh hijau juga mengandung flavonoid , fitokimia yang memiliki sifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Dilansir dari manjada.com, teh hijau juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang menjalani diet. Karena teh hijau juga memiliki khasiat untuk  membantu membakar lemak ditubuh. Dalam satu cangkir  150ml teh hijau, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml teh dapat membakar 40 kalori.

Meskipun diet dengan teh hijau tidak terlalu signifikan, namun jika diimbangi dengan olahraga dan pengaturan pola makan tentu akan semakin mempercepat program diet. Selain itu manfaat daun teh juga digunakan dalam beberapa produk kesehatan, seperti ekstrak teh hijau pada produk kecantikan.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

-Advertisement-