Turun Berat Badan Hingga 8 Kg dalam 2 Minggu dengan Diet Mayo

227
diet mayo, tips diet sehat, turunkan berat badan

Suaramuslim.net – Salah satu cara yang umum dilakukan orang untuk membuat tubuh tetap ideal dan ramping adalah dengan diet. Namun tak sedikit dari mereka yang melakukan diet tanpa mengetahui aturan yang harus dipatuhi agar dietnya tetap menyehatkan. Diet yang asal-asalan dengan mengurangi porsi makan tiga kali sehari menjadi hanya dua kali justru akan membuat tubuh mudah jatuh sakit. Berbeda dengan diet yang satu ini, diet yang dilakukan dengan tetap mengonsumsi makanan tiga kali sehari. Lantas apa perbedaannya dengan konsumsi makanan sehari-hari?

Pengertian Diet Mayo

Dikutip dari sehatnesia.com, diet mayo adalah diet yang sangat menentang konsumsi garam. Seseorang yang sedang melakukan diet mayo dilarang keras mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Diet mayo merupakan sebuah metode diet yang pertama kali diperkenalkan oleh MayoClinic.org, sebuah portal kesehatan ternama asal Amerika Serikat yang telah berdiri lebih dari 15 tahun.

Program diet ini telah teruji dalam berbagai penelitian dan juga studi. Selain mengurangi berat badan dengan menghindari konsumsi garam, terdapat aturan lain yang sangat penting dalam diet ini, yaitu pantangan untuk mengonsumsi es atau air es. Selain itu usahakan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

Metode Diet Mayo

Diet mayo dilakukan selama 13-14 hari secara terus-menerus. Jika gagal satu hari saja, maka diet ini harus diulang kembali dari awal. Program diet ini terbukti ampuh dan sudah banyak teruji mampu menurunkan berat badan berlebih dari 7 hingga 8 kilogram dalam jangka waktu cukup pendek. Selama 2 minggu tersebut seseorang benar-benar harus menghindari konsumsi garam.

Diet mayo cukup dilakukan selama setahun sekali. Dengan diet ini telah diselidiki bahwa keadaan kimiawi dalam tubuh akan menjadi sedemikian baik sehingga tidak akan menjadi kembali gemuk. Pastikan setelah hari ke-14 pola makan kembali secara normal (tidak berlebihan).

Saat melakukan diet mayo, pastikan Anda mengonsumsi air putih atau air mineral lebih banyak. Minimal 8 gelas air setiap hari harus masuk ke dalam tubuh Anda. Banyaknya air berfungsi sebagai sarana mengeluarkan garam-garam yang ada di dalam tubuh. Jadi saat tengah melakukan diet yang berlangsung selama 13 hari tersebut, garam yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan juga feses. Pada saat itu juga tubuh tidak akan mendapatkan asupan garam yang memicu peningkatan volume air di dalam tubuh, karena air inilah yang menjadi beberapa penyebab berat badan berlebih.

Oleh karena itu, seiring dengan berkurangnya kandungan garam dalam tubuh, berat badan perlahan akan berkurang. Anda dapat kembali minum air dalam jumlah normal setelah selesai melakukan diet mayo ini.

Jadwal Diet Mayo

Berikut adalah menu yang harus dikonsumsi selama program diet mayo ini berlangsung.

Hari ke-1 dan ke-8
Pagi: 1 cangkir kopi atau teh + 1 sendok teh gula pasir
Siang: 2 telur rebus matang + 1 ikat bayam + 1 tomat
Malam: 1,5 ons bistik goreng + selada yang ditaburi air jeruk nipis

Hari ke-2 dan ke-9
Pagi: 1 cangkir kopi atau teh + 1 sendok teh gula pasir
Siang: 1,5 ons bistik goreng + selada yang ditaburi air jeruk nipis + 1 buah jeruk mandarin
Malam: 2, 5 ons ayam kukus + 1 botol kecil plain yogurt

Hari ke-3 dan ke-10
Pagi: 1 cangkir kopi atau teh + 1 sendok teh gula pasir + 1 slice roti bakar (tanpa selai atau apapun)
Siang: 2 butir telur rebus + 1 tomat + 1 buah segar + 1 ikat bayam atau kangkung
Malam: 2, 5 ons ayam kukus + 1 botol kecil plain yogurt

Hari ke-4 dan ke-11
Pagi: 1 cangkir kopi atau teh + 1 sendok teh gula pasir
Siang: 1 telur rebus + wortel rebus +keju trim 20gr
Malam: pepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak

Hari ke-5 dan ke-12
Pagi: 1 wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk nipis
Siang: 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin
Malam: 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam

Hari ke-6 dan ke-13
Pagi: 1 cangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotong roti bakar
Siang: 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk nipis
Malam: 2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan jeruk nipis

Hari ke-7
Pagi: 1 cangkir kopi/teh tanpa gula
Siang: 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar
Malam: dilarang makan namun perbanyak air putih

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa jam makan malam terakhir adalah pukul 18.00, setelahnya hanya air putih yang dapat dikonsumsi. Mengingat konsumsi air putih dapat diminum tiap jam, efeknya adalah Anda akan buang air kecil hingga 8 kali sehari dan jarang sekali buang air besar. Hal ini dikarenakan hampir semua makanan diserap oleh tubuh.

Setelah hari terakhir dari program diet ini, pola makan Anda dapat kembali normal. Namun sebaiknya mulai mengurangi makanan yang mengandung gula dan lemak.