Musim Hujan Datang, Lakukan Ini untuk Cegah Flu
(Foto: majalahsmarteen.com)

Suaramuslim.net – Musim hujan telah menyapa Indonesia. Di musim ini akan semakin sering ditemukan orang-orang yang terkena flu. Sebelum flu menyerang, melakukan pencegahan adalah hal yang terbaik. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Penyakit flu tak pernah datang sendirian. Bersamaan dengan flu biasanya juga akan muncul penyakit lain seperti demam, batuk, hingga radang tenggorokan. Mencegah flu dan mengobatinya dapat melakukan hal sederhana yang sebenarnya sudah sering dilakukan. Berikut adalah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah hingga mengobati flu dikutip dari laman WebMD.

Minumlah Air Putih Sesering Mungkin

Flu dapat membuat orang yang terserang menjadi dehidrasi. Apalagi jika penyakit flu bersamaan datang dengan muntah ataupun diare. Pastikan Anda meminum cukup air putih agar tidak kehilangan cairan tubuh. Hindari minum-minuman yang memberi efek diuretik seperti kopi dan teh.

Untuk memastikan bahwa cairan tubuh Anda tercukupi bisa dilihat dari warna urin yang Anda keluarkan. Jika tercukupi, urin Anda akan berwarna kuning pucat atau bahkan bening.

Baca Juga :  11 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Jasmani

Makanlah Sup

Selama berabad-abad, para orang tua selalu menyuguhkan semangkuk sup pada anak-anak yang menderita flu. Berdasarkan studi dari jurnal Chest menunjukkan bahwa sup dapat membantu penyembuhan penyakit flu. “Sup terbukti dapat membantu menyembuhkan flu,” kata Reid B. Blackwelder, MD, seorang ahli kesehatan keluarga dari East Tennessee State University Kingsport.

Dengarkan Tubuh Anda

Kebanyakan orang akan memaksakan diri mereka untuk beraktivitas di kala flu. Di sisi lain, ada baiknya mendengarkan tubuh Anda. Jika tubuh Anda lelah dan merasa perlu istirahat, lakukanlah. Jangan pernah paksakan beraktivitas, terlebih jika flu berat sedang menyerang. ”Istirahat adalah alternatif untuk membantu tubuh dalam memerangi infeksi akibat flu,” imbuhnya.

Pendapat darinya juga didukung oleh Al Quran surat An Naba: 9 yang berbunyi, “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.”

Hiruplah Udara yang Hangat

Jika musim hujan datang, mencari udara yang hangat dan sehat cukup sulit. Namun melakukannya dapat dilakukan di rumah. Misal dengan mandi air hangat dan menghirup uapnya membantu meredakan gangguan pernapasan dan radang tenggorokan. Cara yang lebih mudah lagi dapat dilakukan dengan memasak air panas dan menghirup uap yang dihasilkan.

Baca Juga :  Doa Saat Musim Hujan

Cara-cara di atas adalah hal sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Di saat musim hujan seperti ini adalah saat yang paling mudah flu menyerang. Mencegah flu menyerang adalah jalan terbaik. Ini sebagai bentuk ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan. Bahkan Rasulullah sendiri menganjurkan kepada umatnya untuk meminta kesehatan di tiap mereka memanjatkan doa.

Dalam hadits riwayat Ahmad, dari Ibn ‘Abbas, “Ya Rasulullah ajarkan kepadaku sesuatu doa yang akan akan baca dalam doaku, Nabi menjawab: Mintalah kepada Allah ampunan dan kesehatan, kemudian aku menghadap lagi, pada kesempatan yang lain saya bertanya: Ya Rasulullah ajarkan kepadaku sesuatu doa yang akan akan baca dalam doaku. Nabi menjawab: “Wahai Abbas, wahai paman Rasulullah mintalah kesehatan kepada Allah, di dunia dan akhirat.”

Kontributor: Ilham Prahardani

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.