Tulang sisa makanan. Foto: kingstrace.com

Suaramuslim.net – Jin merupakan salah satu makhluk Allah yang dekat dengan manusia. Karena jin memang selalu berniat untuk mengganggu dan menguji manusia bagaimanapun caranya. Dalam Shahih Bukhari dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Bahwasanya ia pernah membawakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam wadah berisi air wudhu dan hajat beliau. Ketika ia membawanya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Siapa ini?” “Saya, Abu Hurairah”, jawabnya. Beliau pun berkata, “Carilah beberapa buah batu untuk kugunakan bersuci. Dan jangan bawakan padaku tulang dan kotoran (telek).” Abu Hurairah berkata, “Kemudian aku mendatangi beliau dengan membawa beberapa buah batu dengan ujung bajuku. Hingga aku meletakkannya di samping beliau dan aku berlalu pergi. Ketika beliau selesai buang hajat, aku pun berjalan menghampiri beliau dan bertanya, “Ada apa dengan tulang dan kotoran?” Beliau bersabda, “Tulang dan kotoran merupakan makanan jin. Keduanya termasuk makanan jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan jin dari Nashibin dan mereka adalah sebaik-baik jin. Mereka meminta bekal kepadaku. Lalu aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar tidaklah mereka melewati tulang dan kotoran melainkan mereka mendapatkannya sebagai makanan”. (HR. Bukhari no. 3860)

Begitu pula dalam hadits lainnya, dari ‘Abdullah bin Mas’ud disebutkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian beristinja’ (membersihkan kotoran pada dubur) dengan kotoran dan jangan pula dengan tulang karena keduanya merupakan bekal bagi saudara kalian dari kalangan jin.” (HR. Tirmidzi no. 18. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga :  Fahri Hamzah, Garbi Akan Deklarasikan Partai Gelora

Juga diceritakan dalam hadits lainnya bahwa setan makan dengan tangan kiri. Sedangkan kita diperintahkan menyelisihi setan dalam hal tersebut. Lantas seperti apakah bentuk makanan jin dan setan? Berikut suaramuslim.net merangkum 8 makanan jin dan setan yang wajib kamu tahu.

1. Makanan yang tidak disebut dengan nama Allah

Dari Sa’id bin Jubair yang mendapatkan riwayat ini dari Abdullah bin Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “Kepada Allah Ta’ala, iblis pernah berkata: “Tuhanku, semua makhluk telah engkau jelaskan rezekinya” pungkas makhluk terlaknat ini seraya sampaikan tanya, “Di manakah rezeki bagiku?”. Allah Ta’ala berkata (menjawab pertanyaan setan tentang rezeki bagi mereka), “Di dalam makanan yang tidak disebutkan nama-Ku.” (H.R. Adh-Dhiya).

Setiap makanan yang tidak disebutkan nama Allah saat memakannya, sangat disukai setan, karena itu adalah rezeki bagi mereka.

2. Kotoran

Ya, hal ini sudah pasti kita ketahui sebagaimana jin atau setan sangat menyukai daerah kamar mandi di rumah kita, karena di sana terdapat makanan favorit jin yaitu kotoran. Rasulullah pun menganjurkan kita untuk selalu membaca doa terlebih dahulu ketika akan memasuki kamar mandi.

Baca Juga :  Human Rights Watch Desak Bangladesh Hentikan Rencana Pembangunan Kawat Berduri di Kamp Rohingya

3. Memakan darah

Jin sangat menyukai darah. Baik itu darah hewan atau manusia. Entah itu darah luka maupun darah haid kaum wanita. Itulah dia mengapa untuk para wanita sebaiknya tidak membuang sembarangan pembalut menstruasinya. Sebaiknya dibersihkan dulu sebelum benar-benar dibuang.

4. Kacang dan Jadaf

Suatu  hari Umar bin Khattab berkata, ketika itu ia menanyai seseorang yang pernah ditawan oleh bangsa jin. “Apakah makanan mereka?” tanya Umar. Orang itu  menjawab: “Kacang, dan apa yang tidak disebutkan nama Allah Ta’ala (saat memakannya).” “Apa minumnya?” tanya Umar kembali, “Jadaf”, jawab orang tersebut.

Jadaf ditafsirkan sebagai tumbuhan di Yaman, yang tidak perlu membutuhkan air untuk memakannya. Atau makanan yang biasa dimakan oleh unta, dan tidak butuh air setelah memakannya. Atau minuman yang tidak membuat peminumnya tersedak.

5. Tulang

Tulang adalah salah satu makanan Jin. tidak hanya anjing dan kucing yang menyukai tulang. Namun, Jin juga sangat menyukai tulang. Jadi sebaiknya, jika Anda telah menyantap daging atau ikan, sebaiknya tulang langsung dibuang di tempat sampah. Jangan simpan tulangnya di dalam rumah karena dapat mengundang Jin untuk ikut bersantap bersama.

Baca Juga :  Kericuhan Di Papua, MUI Imbau Aparat Bekerja Profesional

Tulang dan kotoran merupakan makanan Jin. Keduanya termasuk makanan Jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan Jin dari Nashibin dan mereka adalah sebaik-baik Jin. Mereka meminta bekal kepadaku. Lalu aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar tidaklah mereka melewati tulang dan kotoran melainkan mereka mendapatkannya sebagai makanan”. (HR. Bukhari no. 3860)

6. Janin Bayi

Yang lebih mengerikan lagi Jin atau Setan juga gemar makan bayi dalam kandungan. Biasanya untuk wanita yang sedang hamil tidak diperkenankan keluar malam tanpa pendampingan dari suami atau keluarga. Alangkah baiknya jika bayi dalam kandungan dibacakan selalu ayat-ayat suci qur’an (ruqyah) demi menangkal pengaruh-pengaruh jahat dari Jin dan Setan.

7. Bangkai

Indera penciuman manusia sangat sensitif terhadap bau bangkai. Bahkan bisa membuat kita mual dan tidak selera makan ketika melihat dan mencium aroma bangkai. Namun anehnya bangkai justru menjadi makanan favorit para Jin baik itu bangkai manusia maupun hewan. Bangkai hewan yang dengan tidak menyebut nama Allah saat disembelih.

8. Makanan yang dimakan dengan tangan kiri

“Jika salah seorang di antara kalian makan, makanlah dengan tangan kanannya. Ketika minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim no. 2020).

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.