Obati Rasa Resah dengan Sedekah

Suaramuslim.net – Memiliki hati yang resah dan gelisah tentu tidak membuat diri menjadi nyaman.  Tahukah Anda bahwa selain mengobati resah dengan membaca Al Quran, Islam juga memiliki solusi lain untuk menghilangkan resah, yaitu dengan bersedekah.

Dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 114, “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi  sedekah, atau berbuat ma’ruf , atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.”

Dikutip dari buku yang berjudul Hapus Gelisah dengan Sedekah menuliskan, bahwa bersedekah memberikan banyak manfaat bagi siapa saja terutama bagi si pemberi sedekah. Berikut ini beberapa penyebab sedekah dapat hilangkan kegelisahan,

Sedekah Ajarkan untuk Bersyukur

Dilansir dari laman dalamislam.com, salah satu penyebab hati resah dan gelisah adalah karena diri ini lupa bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala.  Bersedekah artinya bersyukur, dan orang yang bersyukur akan Allah tambahkan nikmat padanya.

Baca Juga :  Masa Tenang

Allah berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumatkan, Jika kamu bersyukur akan karunia-Ku, pasti Aku tambah nikmat untukmu, jika kamu ingkar, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).

Di lain surat Allah juga berfirman, “Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tentram, rezekinya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk) nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.” (QS. An Nahl : 112).

Berbagi Kebaikan Tingkatkan Produksi Hormon Endorfin

Penelitian mengemukakan bahwa orang yang membantu orang lain dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stres, hal ini berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health pada 2013.

Selain itu, menolong orang lain akan meringankan rasa sakit kita sendiri, mengurangi stres, dan juga memberi rasa bahagia. Membagikan bantuan secara sukarela akan meningkatkan produksi hormon endorfin, dan hal itu baik untuk kesehatan jiwa kita.

Baca Juga :  Ibadah Ramadhan Proses Menuju Takwa

Demikian beberapa alasan yang membuat sedekah dapat menghilangkan gelisah, juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here