Pakai Cara Ini untuk Usir Kantuk Saat Kerja

20
Pakai Cara Ini untuk Usir Kantuk Saat Kerja
Ilustrasi pegawai menguap di kantor (Foto: dailymail.co.uk)

Suaramuslim.net – Datangnya kantuk saat jam kerja dapat disebabkan berbagai hal. Kantuk dapat mengganggu kinerja di kantor. Selain kopi, ada cara lain yang juga ampuh mengusir kantuk.

Bekerja seharian penuh memang melelahkan. Pekerja yang menghabiskan waktunya dengan duduk dan menatap layar komputer berjam-jam akan merasa letih. Bukan hanya tubuh, namun mata pun ikut letih dan rasa kantuk pun datang.

-Advertisement-

Kalau sudah begini, kopi menjadi jalan satu-satunya mengusir kantuk. Faktanya, ada cara lain yang juga ampuh mengusir kantuk selain kopi. Berikut adalah cara-caranya dilansir dari detikHealth.

Meminum Air Putih

Rasa kantuk pada jam kerja ternyata bisa terjadi jika tubuh kekurangan cairan. Jika sudah dehidrasi, seseorang akan merasa semakin letih dan perlahan-lahan mengurangi konsentrasinya. Jika ini terjadi pada jam kerja tentunya akan sangat mengganggu.

Hal ini sudah dibuktikan dari studi yang diterbitkan di Journal of Nutrition, bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan dan masalah konsentrasi.

“Gunakan botol air minum yang bisa diisi ulang di meja kerja. Biasanya hanya dibutuhkan segelas air putih untuk mengembalikan konsentrasi saat kerja,” kata Kimberly Petrosino, pakar kesehatan sekaligus penulis buku The Small Change Solution: A 52 Step Guide to Getting The Naturally Healthy Lifestyle You Want.

Duduk dengan Tegak

Baca Juga :  Tips Menjauhkan Anak Kecanduan Televisi

Jika kantuk datang menyerang saat kerja, banyak orang akan duduk dengan cara yang salah. Duduk dengan cara yang salah tersebut bukannya malah mengusir kantuk, namun bisa membuat punggung sakit.

Studi yang juga terbit di Healthy Psychology menunjukkan bahwa postur tubuh memengaruhi tingkat energi seseorang untuk beraktivitas. Karena itu, duduk dengan posisi yang baik dan benar dapat membuat energi tubuh terjaga. Dengan begitu rasa kantuk pun hilang dan tulang belakang tetap sehat.

Siapkan Camilan Sehat

Jam setelah makan siang adalah jam-jam kritis di mana seseorang akan merasa mengantuk. Agar tak mengantuk dapat disiasati dengan menyiapkan beberapa camilan ringan.

Namun, camilan yang digunakan juga haruslah camilan yang sehat dan menambah energi. Roti, buah-buahan, telur, maupun kacang-kacangan bisa menjadi camilan sehat di meja kerja.

Ketika bekerja, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk berkonsentrasi. Mengonsumsi camilan sehat yang cukup tiap dua atau tiga jam sekali dapat menambah energi yang dibutuhkan. Dengan demikian, kantuk pun tidak mengganggu kinerja.

Baca Juga :  10 Tips Membangun Keharmonisan Orang Tua dan Anak

Kunyah Permen Karet

Berdasarkan penelitian dari The British Journal of Psychology menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit akan merasa lebih ‘hidup’ dibanding mereka yang tidak.

Siapa sangka permen karet bisa menjadi solusi yang tak kalah ampuh usir kantuk. Adanya stimulasi mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kepala. Hal ini dapat menjaga konsentrasi agar tak semakin turun karena kantuk.

Sediakanlah beberapa bungkus permen karet di meja kerja untuk mengusir kantuk yang datang tiba-tiba.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik saat jam kerja dapat membantu mengusir kantuk. Jangan biarkan Anda terseret dalam kelelahan kerja seharian. Dengarkan musik-musik yang penuh semangat untuk meningkatkan kadar energi tubuh.

“Suara menstimulasi tubuh Anda,” ungkap Richard Shane, PhD, pencipta metode Sleep Easily.

Musik bertugas menstimulasi area di otak yang bertugas mencermati dan menyimpan memori, berdasarkan studi dari Standford University. Namun, jika meja kerja Anda berbarengan dengan lainnya, gunakanlah headset.

Kantuk datang karena tubuh kekurangan energi. Untuk berkonsentrasi pada suatu pekerjaan dibutuhkan energi yang besar. Melakukan beberapa cara di atas ampuh mendongkrak energi tubuh agar kinerja di kantor tetap terjaga.

Baca Juga :  Tips Mengirim Motor ke Kampung Halaman

Kontributor: Ilham Prahardani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.