Perawatan Rambut Perempuan Berhijab

Perawatan Rambut Perempuan Berhijab

Suaramuslim.net – Rambut diibaratkan seperti mahkota bagi perempuan. Sebagian orang bahkan rela menghabiskan lembaran rupiah hanya untuk melakukan perawatan rambut ke salon. Ada juga yang memilih untuk membeli produk perawatan rambut agar tetap sehat dan nampak indah.

Perawatan rambut juga menjadi hal penting bagi perempuan berhijab. Justru, perempuan yang mengenakan hijab harus ekstra melakukan perawatan rambut. Ini agar mereka terbebas dari segala masalah rambut seperti rontok, ketombe, rambut lepek alias lembab, gatal, dan sebagainya. Berikut beberapa perawatan rambut untuk perempuan berhijab:

Keramas secara teratur
-Advertisement-

Untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di kulit akibat tertutup oleh hijab, sebaiknya kita rajin mencuci rambut. Sebaiknya kita keramas tiga kali dalam seminggu. Selain itu, ada baiknya kita menggunakan sampo berbahan alami dan sesuai dengan jenis rambut.

Setelah itu kita bisa menggunakan kondisioner usai keramas agar rambut jadi lebih sehat dan indah. Kita juga bisa membuat masker rambut sendiri dari buah dan sayur, seperti masker buah pisang yang berguna untuk melembabkan rambut.

Hindari Mengikat rambut terlalu kencang dan lama

Perempuan berhijab umumnya akan mengikat rambutnya saat memakai hijab. Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang inilah yang menyebabkan rambut mudah rontok dan patah. Dilansir dari laman Republika, (7/7), Dokter spesialis kulit, dr Sari Chairunnisa, SpKK, menyarankan agar rambut kita tidak lebih dari 60 sentimeter. Karena rambut yang terlalu panjang menyebabkan kepala terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi udara. Selain itu, saat selesai beraktivitas, sebaiknya kita mengurai kembali rambut untuk mengurangi kerontokan akibat rambut yang ketarik.

Rajin menyisir rambut

Pernahkah kita lupa menyisir rambut seharian? Ini tentu kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Dalam sehari, sebaiknya kita menyisir rambut minimal tiga kali. Dengan menyisir rambut, sama halnya kita melakukan pemijatan kulit kepala yang berguna untuk membantu kelancaran peredaran darah.

Sebaiknya gunakan sisir plastik yang bergigi jarang untuk mencegah kerontokan. Hindari pula menarik garis belahan rambut hanya pada satu sisi karena bisa menyebabkan kerontokan.

Jangan memakai hijab saat rambut basah

Menggunakan hijab dalam kondisi rambut basah bisa menyebabkan masalah pada rambut. Kondisi rambut yang basah atau lembab menimbulkan minyak berlebih dan akhirnya rambut menjadi berketombe dan mudah rontok. Jika terpaksa harus mengerikan rambut dengan bantuan alat pengering atau hair dryer, sebaiknya gunakan temperatur rendah dengan jarak 10-15 cm dari rambut.

Pilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat

Seiring perkembangan tren dunia fesyen, bermunculan aneka macam jenis dan model hijab lengkap dengan dalamannya. Sebelum membeli hijab dan ciput, pastikan bahannya mudah menyerap keringat. Karena keringat yang menumpuk bisa membuat rambut makin berketombe. Untuk pemakaian sehari-hari, kita bisa memilih hijab berbahan katun atau kaos. Kedua bahan tersebut memiliki pori-pori yang dapat melancarkan sirkulasi udara bagi rambut.

Untuk menjaga kebersihan dan keharuman rambut, gantilah hijab setiap hari. Hindari warna hijab atau kerudung yang gelap karena mudah menyerap panas. Hal ini dapat membuat area kepala dan rambut menjadi lebih panas.

Selain itu, untuk pemakaian sehari-hari dengan tingkat aktivitas yang tinggi, sebaiknya hindari pemakaian model hijab bertumpuk. Menggunakan hijab lebih dari empat lapis dapat memicu timbulnya keringat di kepala yang berkembang menjadi ketombe.

Bagi wanita karir, gunakan hijab berbahan lebih tebal untuk melindungi kulit kepala dari hembusan AC yang dapat membuat rambut menjadi kering.

Kontributor: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.