Hal Wajib yang Harus Dipersiapkan Sebelum Travelling

67
Travelling

Suaramuslim.net – Persiapan matang sebelum travelling sangat penting dilakukan agar Anda mendapatkan kenyamanan dan kesenangan saat liburan. Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum travelling? Berikut ini tips agar perjalanan anda menyenangkan.

Berkunjung ke destinasi wisata dalam rangka liburan terkadang menjadi hal yang sangat penting untuk diselipkan di antara rutinitas kesibukan yang padat dan melelahkan. Tak hanya menjadi ajang liburan dan berkumpul dengan orang-orang tersayang, travelling juga bisa menjadi penawar stress dan kejenuhan akibat pekerjaan atau kesibukan yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran.

Low Budget atau High Budget?

Sebelum melakukan perjalanan, lihatlah dahulu budget yang Anda miliki. Kemudian tentukan level perjalanan yang akan Anda lakukan. Travelling low budget adalah travelling dengan dana yang minimalis namun tetap menghasilkan kesenangan liburan yang maksimalis. Sebaliknya, travelling high bugdet adalah perjalanan yang dilakukan dengan biaya yang tinggi, tentu juga dengan fasilitas liburan yang lebih baik pula.

Dengan menentukan level perjalanan, Anda akan mudah membuat perencanaan keuangan liburan, menentukan transportasi, hotel serta pilihan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Tentukan Tujuan

Setelah menentukan level perjalanan, hal pertama yang sangat penting tentu saja menentukan tujuan perjalanan liburan. Tentukan juga destinasi wisata yang ingin dikunjungi, buatlah daftar kunjungan yang akan memudahkan dalam mengatur waktu perjalanan. Setelah menentukan tujuan travelling, tentukan transportasi yang akan dipilih dalam perjalanan. Anda juga bisa mencari tiket perjalanan atau melirik situs tiket online untuk mendapatkan tiket perjalanan. Banyaknya situs tiket online akan menawarkan banyak harga pesawat, kereta api hingga hotel, hal ini tentu akan memudahkan untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget travelling Anda.

Packing Cerdas Traveller

Ketika melakukan perjalanan, Anda harus cerdas dalam perkara packing atau pengepakan barang. Sebelum mengepak barang, tentukan terlebih dahulu level perjalanan, apakah Anda melakukan perjalanan hemat atau mewah. Jika memilih perjalanan hemat, sebaiknya kemasi barang Anda dalam sebuah tas yang dapat dengan mudah di bawa. Karena akan lebih praktis jika membawa satu tas untuk naik kereta api, bus, ataupun jalan kaki.

Namun, jika melakukan perjalanan mewah, Anda bisa mengepaki barang bawaan dalam sebuah koper. Jangan lupa untuk membawa barang sesuai kebutuhan dan menatanya se-efisien mungkin hingga mencukupi ruang koper. Hal ini akan memudahkan untuk membawa barang yang diperlukan saja dan tak akan membuat Anda kerepotan karena membawa banyak koper.

Utamakan memasukkan barang-barang kebutuhan primer terlebih dahulu dalam koper maupun tas. Setelah kebutuhan primer dipastikan aman, Anda bisa memasukkan barang-barang lainnya.

Demikian ulasan mengenai persiapan liburan yang akan memudahkan anda. Persiapan liburan yang matang pasti akan menyulap perjalanan anda menjadi menyenangkan.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here