Pilih Temanmu

Suaramuslim.net – Jika ingin sukses dalam hidup dan akhirat, maka salah satu syarat mutlaknya adalah memilih teman. Teman yang baik adalah teman yang dapat saling mendukung, salih, saling menasihati dan mengingatkan kita untuk selalu sesuai dengan misi kita sebagai khalifah yang memakmurkan bumi dan visi kita untuk memasuki surga yang dijanjikan. Teman seperti itu telah disinyalir dalam Alqur’an, ALLAH SWT berfirman,

Demi masa, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal saleh serta saling menasihati tentang kebenaran dan menasihati dalam kesabaran.

(QS Al ‘Ashr: 1–3)

Imam As Syafi’i berkomentar mengenai ayat tersebut:

Seandainya hanya surat itu yang turun dari Alquran, itu sudah cukup.

Oleh karena itu, Law of Attraction merupakan salah satu dari sunnatullah. Kita memilih teman berdasarkan kesamaan aura/energi yang kita miliki dan teman kita juga dapat menularkan aura/energi nya kepada kita. Hal ini telah disinyalir oleh nabi Muhammad saw.:

Baca Juga :  Filosofi Hidup: Hidup dan Persaingan

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau dapat membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, dapat jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Teman penting bagi kesuksesan kita hidup dunia dan akhirat, termasuk suami/istri kita yang akan menjadi teman hidup bersama. Apabila ingin mendapatkan teman yang baik, mulai dari memperbaiki niat dan hati kita sendiri.

Salam terindah untuk teman dan pasangan terindah anda.

Penulis: Dr Gancar C. Premananto*

*Koordinator Program Studi Magister Manajemen FEB Universitas Airlangga Surabaya

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.