Produk Kecantikan yang Ada Sejak Zaman Nabi

Produk Kecantikan yang Ada Sejak Zaman Nabi

Tangan yang dilukis dengan henna. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Tampil cantik adalah dambaan setiap perempuan. Jadi berdandan atau melakukan perawatan untuk mempercantik diri adalah hal yang lazim dilakukan.

Tapi bagaimana dengan aturan berdandan atau perawatan kecantikan di dalam agama Islam sendiri?

Ternyata tren perawatan untuk mempercantik diri sudah ada sejak zaman para nabi. 

Bila berbicara tren mengenai produk kecantikan, sudah dimulai sejak berabad-abad lalu, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya parfum dan bedak pada zaman Cleopatra.

Berikut ini suaramuslim.net akan membahas tentang produk kecantikan wanita yang lumrah digunakan pada zaman Nabi Muhammad yang dilansir dari muslimah daily: 

1. Siwak

Siwak merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menunjang kesehatan dan keindahan gigi sejak zaman Nabi. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menggunakan siwak untuk membersihkan gigi sebelum berdoa dan dan di waktu lainnya. Siwak sendiri terbuat dari kayu Salvadora persica.

Menurut Kitab Tibbun Nabawi (Pengobatan Nabi) yang dikarang oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, dikatakan bahwa siwak dapat membersihkan gigi, mencegah gigi berlubang, dan menghilangkan bau napas apabila digunakan dalam jumlah sedang. Saat ini, siwak telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan pasta gigi.

2. Henna

Terbuat dari daun kering dan batang tanaman henna, Lawsonia inermis, yang digiling sampai halus dan dicampur dengan air atau minyak hingga menjadi pasta. Wanita biasanya menggunakan henna pada tangan dan kakinya dengan menggambar pola yang cantik. Ketika sudah kering, akan muncul warna merah kecoklatan yang akan bertahan selama 1-3 pekan. Sedangkan pada zaman nabi, pria dan wanita menggunakan henna ini untuk mewarnai rambut.

3. Kohl

Menggunakan Kohl (celak) merupakan sunnah bagi laki-laki dan perempuan. Kohl merupakan bubuk gelap halus dan digunakan untuk merias kelopak mata dan sebagai terapi. Kohl biasanya dijual dalam bentuk stik dan pot. Saat ini, sudah banyak kohl yang dijual dalam bentuk stik sehingga memudahkan dalam pemakaian.

4. Parfum

Rasulullah berkata, “Saya dibuat untuk mencintai tiga hal di dunia: wanita, parfum, dan kesejukan mata saya dalam doa,” (An-Nasa’i).

Parfum merupakan produk kecantikan yang sudah ada sejak zaman nabi. Bahkan Rasulullah pun juga memakainya. Sunnah mengatakan bahwa laki-laki menggunakan parfum yang tercium di depan umum dan perempuan menggunakan parfum yang tidak terlalu tercium menurut hadis Tirmizi.

Sudah banyak varian aroma parfum di pasaran saat ini. Sebelum membeli parfum, lebih baik sesuaikan dengan aroma alami tubuh dan ujilah pada kulit. Kebanyakan orang mengaplikasikan parfum pada pergelangan tangan, leher, siku, dan bagian tubuh lainnya.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.