Sumber: womantalk_com

Suaramuslim.net – Banyak perempuan merasakan nyeri ketika haid. Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam tubuh selama periode tersebut. Nyeri haid ini juga biasanya sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Setidaknya 40 sampai 70% perempuan pernah mengalami nyeri saat menstruasi ini. Nyeri pada pinggul, perut bagian bawah, atau pun pada payudara. Asal kamu tahu, selama masa haid otot-otot di rahim berkontraksi dan merelaksasi rahim untuk dapat mengeluarkan darah kotor.

Selama otot tersebut berkontraksi, beberapa orang akan merasa kram dan nyeri bahkan beberapa lagi di antaranya mengalami muntah, mual, sakit kepala, diare, bahkan demam. Saat nyeri ini terjadi sebenarnya tubuh sedang membutuhkan nutrisi. Nah, untuk mengatasi rasa nyeri saat haid, suaramuslim.net merangkum makanan dan minuman bernutrisi untuk atasi nyeri saat haid. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Minum air putih

Minum air putih yang banyak pasti adalah anjuran yang sudah tidak asing didengar. Tetapi memang, minum air putih banyak manfaatnya, termasuk untuk mengurangi nyeri haid. Air putih hangat biasanya lebih baik untuk mengatasi kram, karena cairan hangat meningkatkan kelancaran peredaran darah ke kulit dan membantu merelaksasikan otot yang kram. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung banyak air, seperti selada, seledri, mentimun, semangka, dan buah beri.

2. Makanan yang mengandung kalsium

Kalsium dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi. Direkomendasikan untuk wanita berusia 19-50 tahun untuk mengonsumsi sekitar 1000 mg kalsium setiap harinya. Berikut adalah daftar makanan yang kaya akan kalsium seperti makanan berbasis susu, almond, sayuran berdaun hijau, dan biji wijen. Kalsium juga bisa di dapat dari suplemen. Akan tetapi, bicarakan dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen untuk memastikan suplemen tersebut aman.

3. Makanan tinggi omega 3

Asam lemak dalam omega 3 bisa membantu mengurangi reaksi peradangan yang memperparah nyeri haid saat menstrusi seperti salmon dan kacang mente.

4. Sayur buah (terutama sayur hijau)

Kalau masih susah atau tidak suka makan sayur, lebih baik konsumsi dalam bentuk jus cold pressed karena nutrisi-nya lebih gampang diserap tubuh sehingga membantu mengurangi reaksi peradangan, dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Rutin konsumsi sayur buah sejak dini dimulai dari rutin Detox 1 hari setiap minggu, supaya tubuh lebih terbiasa suka sayur dan mengontrol pola makan sembarangan. Rutin Detox 1 hari setiap minggu juga membantu menstruasi lebih lancar dan tidak lapar berlebihan saat PMS (siklus pra-menstruasi).

5. Konsumsi telur

Telur mengandung protein, vitamin D, B6 dan vitamin E. Semua nutrisi ini telah terbukti dapat membantu memerangi gejala menstruasi, terutama nyeri pada bagian perut. Kadar vitamin D dalam telur terbukti menjaga tingkat hormon estrogen, sehingga saat menstruasi tiba nyeri haid tidak mengganggu aktivitas. Konsumsi telur sebelum periode haid akan mengurangi rasa sakit saat haid.

6. Pisang

Kamu tentu tahu jika seseorang sering makan pisang setelah berolahraga untuk menghentikan kram otot. Sama halnya dengan kram perut saat haid, mengonsumsi pisang selama siklus menstruasi akan membantu mengurangi kram dan kembung.

7. Yogurt

Untuk minuman pereda nyeri haid, kamu dapat mengonsumsi yogurt. Selain mengandung kalsium, yogurt juga mengandung bakteri baik yang mampu mendukung pencernaan yang sehat dan mengurangi kembung. Juga membantu mengurangi nyeri haid yang kamu derita selama menstruasi.

Selain itu yogurt juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut diantaranya vitamin B kompleks, zinc, selenium, zat besi, magnesium, kalium, dan fosfor. Konsumsi yogurt secara rutin juga mampu meningkatkan imunitas tubuh lho!

8.Olahraga

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh sehingga otot-otot bisa lebih rileks. Latihan peregangan yang baik juga memberikan hasil yang sama. Namun, hanya lakukan aktifitas ini ketika sakit haid tidak begitu berat.

9. Dark chocolate

Inilah obat yang paling enak dan mujarab untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Berbeda dengan cokelat biasanya, dark chocolate  lebih rendah gula dan susu. Kandungan 70 persen kakao menjadikan rasanya agak pahit. Inilah yang akan membuat otot-ototmu lebih rileks.

10. Jahe

Pagi-pagi sebelum beraktivitas, sebaiknya minum teh jahe hangat dulu deh. Apalagi selama 3 hari pertama mestruasi. Dijamin ramuan jahe ini dapat meringankan kram perutmu yang menyiksa itu.

Jahe terbukti lebih ampuh mengurangi rasa sakit daripada obat-obat lainnya. Gampang banget kok bikinnya, kupas potongan jahe yang seukuran jempol, iris, lalu masukkan ke dalam air panas dengan irisan jeruk nipis selama 5 menit. Coba deh! Sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang bisa membantu atasi kram saat menstruasi? Gak bakalan tersiksa lagi deh perut kamu.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.