Menteri agama kabinet Indonesia Maju, Fachrul Razi
Menteri agama kabinet Indonesia Maju, Fachrul Razi, Foto: ngopibareng.id

Suaramuslim.net – Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama dalam kabinet periode 2019-2024. Penunjukan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama diumumkan Jokowi di Istana Kepresidenan pukul 08.30 WIB, Rabu (23/10/2019).

Dalam kabinet Indonesia Maju, Fachrul Razi menjadi menteri tertua. Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi (lahir di Banda Aceh, Aceh Darussalam, 26 Juli 1947; umur 72 tahun) adalah Menteri Agama 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo – Ma’ruf Amin, dan salah satu tokoh militer Indonesia. Fachrul Razi, lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang empat ini adalah Wakil Panglima TNI. Fachrul Razi adalah militer pertama yang memegang jabatan sebagai Menteri Agama di era Reformasi.

Karir Fachrul Razi di mulai sejak menjadi Wakil Panglima TNI (1999-2000), Sekertaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999), Kepala Staf Umum ABRI (1998-1999), Asisten Operasi KASUM ABRI (1997-1998), Gubernur Akademi Militer (1996-1997), Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana, Wakil Asisten Operasi KASAD, Anggota Majalis Amanah Pengurus Besar Ormas Mathla’ul Anwar (PBMA), Ormas Mathla’ul Anwar berdiri sejak 1916 di Menes Pandeglang Banten, memiliki sekitar 6000 jaringan sekolah MA dan pesantren di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Menteri Agama: Tak Ada Kewajiban Pemotongan Gaji PNS Untuk Zakat

Saat ini telah memiliki perwakilan di hampir seluruh provinsi di Indonesia, Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad, Komisaris Utama PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM), Komisaris Utama PT. Central Proteina Prima Tbk (CPRO), dan saat ini Komisaris Utama PT. Central Proteina Prima Tbk (CPRO), Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju pada pemerintahan presiden Joko Widodo periode 2019-2024.

Fachrul adalah Pengurus Besar Matlaul Anwar, organisasi yang dibentuk para kiai di Banten pada 10 Juli 1916. Jadi, mantan wakil panglima TNI itu itu masih Islam, Sunni, Syafi’I, dan Aceh.

Menteri Agama RI Fachrul Razi dinilai memiliki keahlian untuk menyusun strategi untuk memberantas dan membasmi gerakan intoleransi, ektremisme, transnasional dan radikalisme di Tanah Air. Menteri Agama RI Fachrul Razi dinilai memiliki keahlian untuk menyusun strategi untuk memberantas dan membasmi gerakan intoleransi, ektremisme, transnasional dan radikalisme di Tanah Air.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.