Sensasi Sentuhan Ayah
Potret keluarga Misbahul Huda. (Dok. Pribadi)

Suaramuslim.net – Peran ayah penting untuk tumbuh kembang bayi. Sentuhan ayah pada bayi usia 0-6 bulan dapat membantu perkembangan motorik lebih baik.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Guelph Canada 2007 menunjukkan kuatnya pengaruh keterlibatan ayah dalam pola pengasuhan terhadap perkembangan anak secara sosial, emosi, fisik, dan kognitif.

Penelitian berjudul The Effects of Father Involvement: An Updated Research Summary of Evidence memaparkan lebih jauh mengenai dampak positif keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak.

Anak yang turut diasuh oleh ayahnya sejak kecil, memiliki kemampuan kognitif lebih baik ketika memasuki usia 6 bulan hingga 1 tahun, memiliki nilai IQ yang lebih tinggi ketika menginjak usia 3 tahun, serta berkembang menjadi anak dan individu yang mampu memecahkan permasalahan dengan lebih baik.

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti saat memandikan anak. Praktisi Neurosains Terapan Anne Gracia mengungkapkan, ayah yang ikut memandikan bayi dapat membantu bayi lebih cepat berjalan.

“Sensasi yang dia dapatkan saat disentuh ayah berbeda. Genggaman ayah lebih kuat. Memandikan bayi akan menstimulasi sistem keseimbangan untuk nanti belajar berjalan. Jadi enggak gampang jatuh,” tuturnya.

Memandikan bayi bisa dilakukan saat ayah libur bekerja. Untuk para ibu, berilah kesempatan para ayah untuk memandikan anaknya. Sering kali ayah kurang dipercaya atau dinilai lebih lambat ketika memandikan anak.

Ibu sebaiknya tetap mendampingi ketika ayah memandikan bayi. Ajaklah bayi berbicara, bernyanyi, sambil menyentuh lembut tubuhnya. Sesekali, ayah juga bisa melakukan penggantian popok bayi. Para ayah jangan meninggalkan kesempatan berharga ini.

Ayah juga bisa melakukan runititas memijat bayi untuk memberikan manfaat sensomotor yang berguna dalam proses belajar anak nantinya. Membantu perkembangan otak, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lebih dari itu, sentuhan tersebut juga bisa meningkatkan kedekatan emosional antara ayah dan anak. Silakan mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here