SMRC Unggulkan Jokowi Di Pilpres 2019, Hanafi Rais: Gak Ada yang Netral

SMRC Unggulkan Jokowi Di Pilpres 2019, Hanafi Rais: Gak Ada yang Netral

Direktur SMRC Pemilih PKS dan PDIP Paling Loyal
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei SMRC (Dok Suaramuslim)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) yang dipublikasikan pada Selasa siang (02/01) di Jakarta Pusat. Menurut Hanafi Rais tidak ada orang atau kelompok di dunia ini yang netral termasuk lembaga survei.

“Tidak ada yang netral di dunia ini, termasuk lembaga survei entah itu kepentingan politik maupun kepentingan bisnis” ujarnya ketika menanggapi hasil survei SMRC tentang kekuatan partai dan calon di pemilu 2019 mendatang.

Hanafi Rais diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil survei SMRC setelah sebelumnya politisi Gerindra Ferry Juliantono diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil survei tersebut.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei SMRC yang dipaparkan oleh Direktur Eksekutif SMRC Djahyadi Hanan bahwa Jokowi memperoleh 64% jika ditarungkan dengan Prabowo yang hanya 27%. Sementara itu jika ditarungkan dengan Anies Baswedan perolehan suara Jokowi diperkirakan mencapai 72,6%. Begitupun apabila ditarungkan dengan Gatot Nurmantyo dan Agus Harimurti Yudhoyono, maka suara Jokowi terus mengalami kenaikan.

Sementara itu menurut SMRC sampai Desember 2017 suara PDIP terus mengalami kenaikan. Pada pileg 2014 suara PDIP 18,95% sementara suara PDIP per Desember 2017 sebesar 27,6%. Sedangkan partai-partai lain mengalami penurunan atau cenderung stagnan termasuk Partai Amanat Nasional.

Meski demikian, menurut Hanafi hasil survei SMRC ini akan PAN jadikan sebagai pemacu semangat bagi internal kader PAN sendiri.

“Ibarat katak apabila dimasukkan ke air panas langsung maka lompatannya akan tinggi, tapi kalau pelan-pelan dipanaskan maka ia akan terlena dan akhirnya mati” pungkasnya bersemangat.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!