SMRC Ungkap Kesetiaan Masyarakat Indonesia Pada Partai Politik
Suasan pemaparan hasil survei SMRC

Jakarta (Suaramuslim.net) РSelasa siang (02/01) Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei mereka sepanjang bulan Desember 2017. Survei tersebut mereka lakukan pada tanggal 7 Р13 Desember dengan melibatkan 1220 responden dengan margin error 3,1 persen.

Menurut SMRC kesetiaan masyarakat Indonesia sangat rendah kepada partai politik apabila dibandingkan dengan negara-negara demokrasi lainnya di dunia. Para pemilih di Indonesia selalu berpindah-pindah pilihan partai politik atau swing voter dari pemilu ke pemilu.

Menurut temuan SMRC, masyarakat Indonesia menempati posisi terakhir (12%) dalam hal kesetian pada partai politik jika dibandingkan dengan negara-negara demokrasi seperti Belgia (95%), Australia (84%), Israel (64%), Selandia Baru (57%), Amerika Serikat (57%), Inggris (46%), Jepang (38%) dan Korea Selatan (27%).

“Fakta ini menunjukkan kesetiaan warga pada partai politik cenderung lemah” ujar Djahyadi Hanan selaku Direktur Eksekutif SMRC saat pemaparan hasil survei mereka.

“Dapat dikatakan, pemilih Indonesia terbuka dan menuntut partai bekerja lebih keras untuk meyakinkan mereka” tambah Djayadi.

Baca Juga :  Survei LSI: Anies Baswedan Jauh Lebih Terkenal Daripada AHY

Dalam temuan survei SMRC, dari semua partai di Indonesia hanya ada dua partai yang memiliki pemilih loyal yang tidak berpindah-pindah dari pemilu ke pemilu yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.