Tadabbur Surat Al Baqarah Ayat 121

Tadabbur Surat Al Baqarah Ayat 121

Tadabbur Surat Al Baqarah Ayat 121
Ilustrasi Al Quran

Suaramuslim.net – Alhamdulillah kajian kita telah sampai di surat ke 2 Al Baqarah ayat ke 121. Silakan kamu baca ayat ini secara berulang-ulang beserta terjemahnya dengan penghayatan sepenuh hati dan pikiran.

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ وَمَن يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.”

Tadabbur Ayat

Mari sekarang kita masuk tafsir dan tadabbur ayat ini;

  1. Allah memberitahukan kepada kita tentang orang-orang yang Allah berikan kepada mereka kitab suci seperti Taurat, Injil dan Al Quran yang kemudian mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya.
  2. Di antara makna membaca kitab suci dengan bacaan yang sebenarnya adalah jika membaca ayat-ayat tentang surga ia meminta kepada Allah surga dan jika membaca ayat-ayat tentang neraka ia berlindung kepada Allah dari neraka.
  3. Di antara maknanya pula adalah menghalalkan apa yang dihalalkan oleh kitab suci dan mengharamkan apa yang diharamkan kitab suci dan tidak menyelewengkannya sedikit pun.
  4. Di antara maknanya pula adalah mengimaninya tanpa keraguan sedikit pun dan mengamalkan hukum-hukumnya serta mengikuti ajarannya secara total.
  5. Mereka yang membaca kitab suci dengan bacaan yang sebenarnya tersebut adalah orang-orang yang sukses, bahagia dan selamat dunia akhirat.
  6. Adapun orang yang ingkar, tidak mengimani dan bahkan menyelewengkannya adalah orang yang gagal, rugi dan celaka dunia akhirat.
  7. Hendaklah kita berusaha dan berupaya semaksimal mungkin untuk membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan kita agar kita menjadi orang yang sukses, bahagia dan selamat dunia akhirat.

Khadimul Quran/Pelayan Al Quran
Abdullah Sholeh Hadrami

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!