Tips Aman dengan Ojek Online

Suaramuslim.net – Jasa ojek online makin berkembang dan makin banyak digunakan masyarakat. Harganya yang relatif lebih murah dari angkutan umum konvensional dan fleksibel membuatnya lebih dipilih. Meski demikian tips menggunakan ojek online di bawah ini perlu disimak.

Berkendara dengan menggunakan jasa ojek online tetaplah memiliki resiko, penumpang harus tetap ekstra berhati-hati agar selamat sampai di tempat tujuan. Nah, jika Anda termasuk salah satu pengguna setia jasa ojek online, maka tidak ada salahnya jika beberapa hal berikut Anda pertimbangkan sebelum melakukan perjalanan.

Beri Tahu Pengemudi Lokasi Anda dengan Jelas

Dengan kecanggihan smartphone yang ada saat ini sebetulnya tidak sulit bagi pengemudi ojek online untuk bisa segera menemukan lokasi Anda. Namun, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kekeliruan lebih baik Anda berkomunikasi langsung dengan pengemudi ojek dan jelaskan ciri-ciri serta rute lokasi di mana Anda berada. Karena bukan tidak mungkin google akan kesulitan menemukan lokasi Anda, terutama jika berada di gang-gang sempit.

Kenali Ciri-ciri Fisik Pengemudi dan Nopol Kendaraan

Sebelum berangkat pastikan Anda telah mengetahui nama, ciri-ciri fisik pengemudi dan nopol kendaraan yang akan mengantar Anda.

Tegur Pengemudi jika Ugal-ugalan

Selama dalam perjalanan jangan pernah sungkan untuk menegur pengemudi jika yang bersangkutan berkendara secara ugal-ugalan. Selain itu, perhatikan pula atribut keselamatan yang ia kenakan serta kondisi kendaraan. Jika Anda merasa kurang puas atas layanan yang telah diberikan, maka Anda bisa segera melaporkannya ke perusahaan di mana dia bekerja.

Gunakan Helm dan Hindari Membawa Barang Berlebihan

Meskipun mungkin hanya jarak dekat helm wajib Anda kenakan (Setiap pengemudi ojek online telah diberi fasilitas helm untuk penumpang dari perusahaan). Selain itu, hindari pula membawa barang secara berlebihan agar Anda dan pengemudi tidak mengalami kerepotan saat berkendara.

Tunjukkan Rute Terdekat

Jika Anda mengenal dengan baik situasi serta lokasi di mana Anda berada, maka tidak ada salahnya jika memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk mengambil jalan pintas yang lebih aman dan nyaman menuju lokasi yang Anda tuju.

Hindari Memesan di Malam Hari atau Saat Hujan Deras

Meskipun sekilas nampak aman, tetapi bagi para wanita disarankan agar tidak menggunakan jasa berkendara online di malam hari, terlebih jika sudah terlalu larut malam.

Banyakanya kasus kekerasan yang dialami oleh para wanita menjadi alasan mengapa hal ini sebaiknya dipertimbangkan demi keselamatan. Selain itu, hindari pula memesan jasa ojek online saat terjadi hujan deras, selain karena faktor keselamatan akibat jalanan yang licin, pertimbangkan pula mengenai kesehatan tubuh Anda. Atau, Anda bisa memilih alternatif jasa berkendara online menggunakan mobil  jika dalam keadaan hujan.

Jangan Mudah Percaya dengan Orang Asing

Harus ada batasan antara pemesan dengan pengemudi jasa berkendara online. Hal ini penting supaya menghindarkan Anda dari perbuatan-perbuatan tidak baik yang dilakukan oleh orang yang tidak Anda kenal. Namun tentu saja, hal ini tidak berlaku jika telah mengenal dengan baik pengemudi ojek langganan. Selama dalam perjalanan berbicaralah sepenuhnya, jangan pernah memberitahukan informasi-informasi penting mengenai Anda seperti usia, nama orangtua, alamat rumah, status hubungan, dan sebagainya.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.