Ilustrasi saat ketindihan makhluk halus, foto: Dok. Istimewa

Suaramuslim.net – Ketindihan makhluk halus? Pasti sebagian masih asing dengan kejadian tersebut, atau di antara kita saat tidur sering “ditindih” makhluk halus. Fenomena yang sering terjadi saat tidur, seseorang terbangun dari tidur, pikirannya sadar tetapi seluruh badan tidak bisa digerakkan.

Seolah ada beban berat di atas tubuh, napas sesak dan seperti tercekik. Belum lagi munculnya bayang-bayang hitam di atas tubuh. Sudah pasti, fenomena tindihan atau ditindih makhluk halus menjadi hal mistis. Namun, sebenarnya hal ini ada penjelasan ilmiah apa itu ditindih setan, nama kerennya adalah sleep paralysis.

-Advertisement-

Penyebab Sleep Paralysis

Sebelum menjelaskan apa itu sleep paralysis, ada 4 tahapan dalam tidur. Tidur tidak sekadar menutup mata, ada tingkat berlapis untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Semua orang dalam kondisi normal akan melewati tahap ini:

• Kondisi saat masih setengah sadar.
• Kondisi mulai tertidur dalam.
• Kondisi tidur yang lebih dalam.
• Rapid eye movement (REM) dalam kondisi ini, mimpi terjadi.

Baca Juga :  Beginilah Syarat Ruqyah Sesuai Syariat

Semua tahapan itu harus dilalui berurutan, sehingga ada koordinasi yang bagus antara kesadaran dan gerakan anggota tubuh.

Dalam kasus tindihan atau sleep paralysis, seseorang yang tidur dengan kondisi tubuh lelah membuat otak tidak merespons tidur dalam urutan yang benar. Biasanya dari tidur setengah sadar langsung menuju REM. Akibatnya, saat terbangun, pikiran sudah sadar, tetapi tubuh masih dalam kondisi tidur. Hal itu membuat tubuh terasa seolah lumpuh tidak bisa digerakkan.

Sleep paralysis biasanya terjadi pada orang yang sedang dalam kondisi sangat capek, stres, banyak pikiran, punya lingkungan kerja buruk dan sebagainya. Tubuh yang setengah sadar saat mengalami sleep paralysis sering menimbulkan bayangan atau halusinasi makhluk menyeramkan, sehingga sleep paralysis sering dianggap sebagai kejadian mistis.

Tips dan Doa dalam Islam Saat Sleep Paralysis

Saat seseorang dalam keadaan setengah sadar, hal di bawah ini bisa dicoba, antara lain:

1. Tarik Nafas
Tarik nafas sedalam-dalamnya dan tahan nafas sambil berzikir dalam hati sebanyak mungkin kemudian hembuskan perlahan-lahan.

Baca Juga :  Perlu Tahu! 5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam

2. Azan
Azan sekuat–kuatnya dalam hati sehingga Anda melepaskan suara azan di mulut.

3. Baca Ayat Kursi
Membaca ayat kursi atau apa-apa surah yang terlintas di kepala. Baca dalam hati.

4. Gerakkan Ibu Jari
Gerakkan ibu jari perlahan-lahan sehingga Anda mampu menggerakkan keseluruhannya.

5. Ubah Posisi tidur

Itulah tips dan doa agar cepat sadar saat dalam posisi ketindihan atau sleep paralysis. Namun sebenarnya di dalam Islam mengajarkan agar sebelum tidur membaca doa terlebih dahulu agar terhindar dari gangguan makhluk halus. Selamat mencoba!

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.