WhatsApp Pay, Fitur Terbaru untuk Transfer Uang

0
WhatsApp Pay, Fitur Terbaru untuk Transfer Uang
Whatsapp iphone. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Sebagai salah satu media komunikasi terkini yang banyak digunakan orang-orang dari berbagai belahan dunia, WhatsApp tak henti-hentinya membuat terobosan baru untuk perkembangan teknologinya.

Beberapa fitur terbaru dari WhatsApp saat ini memang disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada demi memudahkan para pemakainya dalam berbagai hal tertentu. Seperti yang baru dikabarkan, platform komunikasi ini mengeluarkan sebuah fitur bernama WhatsApp Pay.

Sesuai dengan namanya, fitur ini berguna sebagai layanan dompet digital yang bakal memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi WhatsApp.

Berbeda dengan layanan dompet digital yang telah ada, fitur WhatsApp Pay memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengiriman uang tanpa harus keluar dari aplikasi utamanya. Sayangnya, update teknologi yang terbaru ini memang belum secara resmi diluncurkan di Indonesia.

Untuk pertama kalinya, layanan dompet digital WhatsApp Pay ini telah diluncurkan dan sedang uji coba di Brazil

Setelah melalui berbagai uji coba, perkembangan rancangan, dan penyempurnaan sistem di India sejak tahun 2018 lalu, akhirnya fitur WhatsApp Pay untuk pertama kalinya diluncurkan di Brazil oleh Mark Zuckeberg selaku pemilik WhatsApp sekaligus CEO Facebook.

Fitur terbaru ini sebenarnya menggunakan layanan Facebook Pay yang telah lebih dulu dirilis.

Mark sendiri mengatakan bahwa nantinya pengguna WhatsApp dapat mengirimkan uang satu sama lain semudah dengan mengirimkan foto seperti yang biasa dilakukan dalam fitur WhatsApp biasanya. Keren banget nggak sih?

Untuk kemanannya sendiri, WhatsApp Pay tak begitu jauh berbeda dengan dompet digital yang sudah ada. Setiap transaksi yang dilakukan dilindungi oleh sistem verifikasi berupa PIN sebanyak 6 digit dan juga konfirmasi sidik jari. Bahkan, kamu juga bisa menautkan akun WhatsApp kamu dengan kartu kredit maupun debit.

Tidak perlu ribet, pengiriman uang melalui WhatsApp Pay benar-benar simpel dan gampang. Terobosan teknologi yang masa kini banget

Untuk memanfaatkan fitur terbaru dari WhatsApp yang satu ini, kamu tidak perlu khawatir karena pihak pengembangnya sendiri telah memberikan kemudahan yang super simpel.

Setelah ditautkan dengan kartu kredit maupun debit yang sudah dimiliki, kamu hanya perlu membuka tab chat akun yang akan kamu kirimin uang. Sesimpel hendak mengirim foto atau file-file seperti biasanya, kamu cuma butuh menekan ikon ‘attachment‘ pada bagian bawah kolom chat. Setelah itu bakal muncul menu pilihan opsi payment alias pembayaran.

Tidak pernah terbayang kan, kalau kamu bisa mengirimkan uang hanya melalui kolom chat seperti percakapan biasanya? Sayangnya memang kita harus sedikit bersabar untuk menunggu agar fitur ini resmi diluncurkan di Indonesia.

Tentunya ini jadi kabar gembira untuk para pelaku bisnis kecil-kecilan yang sering memasarkan barang dagangannya lewat media sosial

Selain sebagai platform untuk berkomunikasi jarak jauh, tidak dipungkiri lagi WhatsApp saat ini juga dijadikan alat untuk melakukan bisnis kecil-kecilan.

Kamu bisa menemukan fenomena tersebut melalui fitur WhatsApp Story yang kerap digunakan untuk mengupdate hal-hal tertentu. Di sanalah biasanya orang-orang memanfaatkan fitur tersebut untuk menjalankan bisnis mereka.

Kabar fitur terbaru kali ini tentunya juga menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis, karena secara langsung ada banyak pihak yang bakal merasa terbantu dengan update dari WhatsApp ini.

Nah, rencananya setelah masuk di Indonesia, fitur WhatsApp Pay bakal menggandeng beberapa penyedia layanan dompet digital lainnya seperti GoPay, OVO, dan LinkAja. Bersabar saja deh sambil nunggu sistemnya benar-benar sempurna, sepertinya sih bakal menyenangkan.

Sumber: Hipwee

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here