Yuk Cari Tahu! Waktu Terbaik dan Berbahaya untuk Mandi
Bath towels.

Suaramuslim.net – Setelah kita melakukan kegiatan seharian, hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah mandi. Ya bagaimana tidak, badan kita sudah lengket penuh dengan keringat bercampur debu yang menempel di tubuh sehingga membutuhkan air untuk menyegarkan tubuh. Tidak peduli sudah selarut apapun, yang penting tubuh segar dan nyaman jika dibawa istirahat.

Pada dasarnya kita perlu mandi dalam setiap harinya, agar badan dan pikiran dapat menjadi lebih segar. Sehingga dapat berpikir dengan jernih dan semangat kembali akan memuncak untuk melakukan aktivitas padat sehari-hari. Sayangnya, ada sebagian orang yang kurang memahami pentingnya mandi sehingga mereka enggan melakukannya dengan rutin. Padahal ada beberapa pepatah yang menyebutkan bahwa “bersih itu pangkal sehat”, ada pula dalam hadis yang menyebut “kebersihan sebagian daripada iman”. Yang artinya, dengan menjaga kebersihan, sama artinya kita menjaga kesehatan dan juga keimanan.

Nah, berbicara tentang mandi ternyata ada hal yang belum kita ketahui. Ternyata ada waktu yang disarankan, juga ada waktu yang berbahaya untuk mandi. Jika tetap dilakukan, akan meningkatkan risiko kematian yang mendadak khususnya bagi orang-orang dengan ‘gangguan jantung atau pembuluh darah’. Seperti apa penjelasannya? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga :  Bagaimana Menghitung Berat Badan Ideal?

Waktu-waktu yang berbahaya untuk mandi

  1. Hindari mandi setelah shalat ashar hingga 1 jam setelahnya

Yaitu hindari mandi sekitar jam 03.10 hingga sekitar jam 4.20. Hal itu karena keadaan pada jam-jam tersebut, kondisi darah dalam tubuh dalam keadaan yang cukup panas. Akibatnya jika dipaksakan mandi pada saat itu, maka malah membuat tubuh menjadi terasa letih, sehingga kurang sehat dan dapat mengganggu aktivitas yang akan dilakukan setelahnya.

  1. Hindari mandi setelah shalat maghrib

Hal itu karena pada sekitar jam 6 sore hingga jam 7 malam, kondisi jantung mulai melemah setelah aktivitas yang dilakukan seharian. Sehingga jika dipaksakan untuk mandi maka akan sangat bahaya bagi kesehatan tubuh kita, utamanya yang sangat berbahaya yaitu tubuh rentan terkena penyakit paru-paru basah.

  1. Hindari mandi sesudah isya hingga jam 12 malam

Demikian juga pada jam-jam ini, dimana pada waktu ini seharusnya tubuh sudah mulai untuk dikurangkan aktivitasnya dan memulai untuk beristirahat. Dimana dalam waktu tersebut, kondisi jantung tidak siap lagi untuk menerima siraman air, dimana penyakit sangat rentan menyerang tubuh karena mandi di jam-jam ini, seperti penyakit rematik.

Baca Juga :  Tak Hanya Fisik, Inilah Faktor Lain Pendukung Kesehatan Tubuh

Waktu yang baik atau dianjurkan untuk mandi

  1. Disarankan mandi di waktu subuh atau sebelum subuh

Ketika bangun jam 4 pagi atau subuh, menjadi waktu yang sangat baik untuk mandi. Karena pada saat itu kondisi air mengandung ozon yang lebih tinggi, sehingga dengan kandungan ozon yang tinggi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lalu membuat tubuh menjadi lebih segar nantinya. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu kita agar menjadi awet muda.

Dari sisi medis, dr Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan tentang manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun (setengah jam) sebelum waktu Subuh, lalu mandi pada waktu itu. Pada waktu fajar (subuh) kandungan gas O3 sangat melimpah, yang setelah itu akan berkurang sedikit demi sedikit hingga habis saat matahari terbenam pada sore hari.

Gas O3 memberikan manfaat positif pada urat syaraf, mampu mengaktifkan kerja otak dan menjaga kesehatan tulang. Saat seseorang menghirup udara fajar, akan merasakan kenikmatan dan kesegaran yang tiada tara saat itu. Setelah itu akan lebih baik dan sehat lagi jika mandi sebelum waktu dimulainya azan subuh.

Baca Juga :  Menu Buka Puasa yang Sehat Bagi Penderita Diabetes

Mandi subuh menurut dr Midi Hariyani, SpKK dari klinik nusantara kuningan, dapat membangunkan tubuh yang terlelap. Di mana metabolisme tubuh sedang melambat. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak, alhasil aliran darah di dalam tubuh menjadi sangat baik, termasuk aliran ke kulit. Sehingga bermanfaat membuat kulit tampak lebih fresh.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.