Aneka warna lisptik. Foto: PIxabay.com

Suaramuslim.net – Pewarna bibir punya banyak jenis. Ada yang namanya lipstik, lip cream, lip tint, dan beberapa jenis lainnya. Saya termasuk yang suka bingung untuk membedakan jenis pewarna bibir ini. Sekilas memang terlihat sama, tetapi ternyata ada perbedaannya dan perlu disesuaikan dengan tipe bibir.

Ada banyak produk perawatan dan make up untuk bibir. Walaupun semuanya diawali dengan kata lip, manfaat dan efeknya berbeda, lho. Yuk kenali perbedaan antara lip butter, lip balm, lip gloss, lipstick, lip cream, lip tint, dan lip liner!

1. Lipstik

Benda yang satu ini pasti sudah tahu dong karena emang sudah ada sejak zaman dulu. Seperti namanya, produk ini berbentuk stick atau tongkat.

Warna yang ditinggalkan lipstick biasanya lebih pekat. Ada beberapa jenis efek liptick yang beredar di pasaran yaitu glossy, satin, dan matte.

2. Lip tint

Booming di Korea Selatan, produk bibir yang satu ini berhasil menarik hati banyak perempuan dengan menjadi produk bibir paling favorit. Sebagai salah satu perbedaan lip tint, lip cream, lip line, lip butter, lipstick dan lip gloss terletak pada tekstur dan formulanya.

Memiliki tekstur watery yang ringan membuat lip tint sangat cocok bila digunakan untuk sehari-hari.

Intensitas warna yang dihasilkan pun sangat natural dan membuat tampilan bibir tampak merona. Lip tint juga kerap kali digunakan untuk membuat gaya bibir ombre a la artis Korea.

3. Lip cream

Perbedaan lip tint, lip cream, dan lipstick selanjutnya terletak pada intensitas warna yang dihasilkan. Jika kamu tipe perempuan yang lebih menyukai tampilan bibir yang penuh, kamu dapat memilih lip cream sebagai produk bibir andalanmu.

Karena lip cream dikenal dengan hasil akhirnya yang pigmented dan memiliki pilihan shades yang cukup banyak untuk bisa kamu pilih.

Pada umumnya, lip cream memiliki dua hasil akhir yang berbeda yaitu hasil akhir matte dan satin. Namun, seringkali banyak orang yang kurang menyukai lip cream karena kekurangannya yang dapat membuat bibir kering. Tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lip cream.

4. Lip gloss

Sesuai dengan namanya, lip gloss adalah jenis pewarna bibir dengan kandungan minyak yang tinggi sehingga memberikan kesan berkilau atau glossy.

Tak hanya itu, meski tak sebaik lip balm atau lip butter, lip gloss juga dapat menjaga kelembaban kulit, lho.

Tak jarang banyak yang mengaplikasikan lip gloss yang tak berwarna setelah menggunakan lipstick.

5. Lip liner

Untuk jenis yang satu ini, berfungsi hampir sama seperti pensil alis yaitu guna membuat garis hanya saja pada bibir, bentuknya juga hampir mirip.

Fungsi dari lip liner adalah membuat pengaplikasian lipstick menjadi lebih rapi, tak hanya itu lip liner juga dapat membuat bentuk bibir semakin terlihat.

6. Lip balm

Lip balm umumnya mengandung vitamin E dan SPF. Itulah mengapa lip balm dapat membentuk lapisan baru di atas permukaan kulit untuk melindungi bibir dan menjaga kelembabannya.

Bagi bunda yang memiliki bibir pecah-pecah sangat dianjurkan untuk menggunakan lip balm.

7. Lip butter

Tekstur yang dimiliki lip butter memang lebih creamy bila dibandingkan dengan lip balm. Hanya saja lip butter tidak mengandung SPF.

Namun persamaannya dengan lip balm adalah lip butter tidak memiliki warna dan juga tahan lama saat digunakan.

Nah, bagaimana sudah tahu kan perbedaan lipstick, lip tint, lip gloss, lip butter, lip cream, lip line, dan lip balm? Kini kamu pun bisa mengaplikasikan sesuai kebutuhanmu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.