Pulau dan Pantai. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Akhir tahun merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang karena lama waktu liburannya cukup panjang. Biasanya, liburan akhir tahun sudah direncanakan jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah atau agar tidak kehabisan tiket. Tak perlu bingung memutuskan ingin ke mana di liburan akhir tahun ini. Banyak kok destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk pengalaman liburan yang mengesankan.

Tak harus ke luar negeri untuk liburan yang seru. Tempat wisata dalam negeri pun banyak yang lebih indah dan menarik. Ada tempat indah di Indonesia yang terlihat seperti sejumlah wisata di luar negeri. Tempat yang luar biasa indahnya, yang perlu didatangi untuk menghilangkan penat.  Jalan-jalan ke tempat ini akan memberi kesempatan untuk siapapun seolah berada sedang berkeliling seluruh dunia.

1. Jelajahi tiap-tiap sudut Kota Pahlawan

Monumen Bambu Runcing Surabaya. Foto: instagram/Explore Surabaya

Kota Pahlawan merupakan tujuan wisata yang ramai di akhir tahun. Kota ini penuh dengan acara besar pada saat malam tahun baru. Pesta kembang api meriah sampai pagi menjadi daya tarik terbesarnya. Wisata kulinernya juga tak kalah seru. Kamu bisa mencoba Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih, Sego Sambel Mak Yeye, Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Rujak Cingur Ahmad Jais, tahu campur kalasan, atau rawon setan.

Sementara untuk rekomendasi wisatanya, kamu bisa mengunjungi Suroboyo Carnival Park, Air Mancur Kenjeran, Jembatan Suramadu, Museum Tugu Pahlawan, Kenjeran Park, hingga Hutan Mangrove Wonorejo. Cocok sekali jika kamu senang berwisata dalam kota (city tour) bersama keluarga tercinta.

2. Malang dan Batu juga terkenal dengan surganya wisata

Kampung Warna Jodipan. Foto: instagram/Explore Malang

Malang merupakan tempat yang tepat untuk bersenang-senang. Hawa sejuk dan beragam destinasi menarik membuat kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Menaiki biangala di Alun-Alun Kota Baru, paralayang di Batu, bermain air di Air Terjun Coban Rondo, berkeliling Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, berfoto di Museum Angkut, menghabiskan malam di Batu Night Spectacular, dan menikmati es krim di Toko Oen merupakan rangkaian aktivitas yang wajib dilakukan selagi berkunjung ke Malang. Bukan itu saja, biaya makan, transportasi, dan berbagai aktivitas di Malang pun tergolong murah!

3. Berkunjung ke Kota Mangkubumi. Ya, Yogyakarta!

Tugu Yogyakarta. Foto: instagram/Yogyakarta

Jika berkunjung ke Yogyakarta, takkan lengkap rasanya jika kamu hanya mencicipi kuliner atau berbelanja kerajinannya saja. Kamu juga layak mendedikasikan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat menarik bahkan romantis di Jogja pada malam harinya. Seperti halnya Bukit Bintang akan memanjakanmu dengan pemandangan khas Kota Jogja pada malam hari. Menyantap kuliner murah meriah khas Jogja sekaligus ditemani gemericik air sungai seperti kuliner pinggir Kali Code!

Dibanding kota lainnya, Jogja punya warna berbeda. Meski kemacetan mulai melanda, keramahtamahan masih kental terasa. Kemewahan di sini bukan segalanya. Banyak kebahagiaan tercipta dari hal sederhana. Makan di angkringan dan burjo misalnya. Urusan lepas dari kepenatan, Jogja selalu bisa diandalkan. Apa-apa dekat. Tinggal jalan!

4. Pulau Dewata, Bali

Foto: instagram/thebaliguideline

Berencana untuk liburan akhir tahun di Bali? Bisa banget. Disana banyak sekali destinasi wisata yang harus masuk agenda! Alasannya, apalagi kalau bukan karena disana akan banyak mengadakan acara yang keren menyenangkan. Bahkan ada yang gratis juga lho! Acara-acara tersebut menghadirkan para musisi dari luar negeri yang pasti bergengsi.

5. Nikmati keindahan Paris Van Java, Bandung

Masjid Raya Bandung. Foto: instagram/Explore Bandung

Bandung merupakan Ibukota provinsi Jawa Barat. Kota ini selalu menarik minat wisatawan baik domestik maupun internasional dengan wisata kuliner, wisata belanja dan wisata alamnya. Tempat wisata di Bandung yang beragam banget, membuat wisatawan ngga bakal kehabisan ide tempat buat dikunjungi.

Di Indonesia, Bandung juga dijuluki sebagai Paris Van Java. Bandung menjadi salah satu kota dengan ketertiban yang tinggi. Tata kota yang apik dan fasilitas yang memadai membuat kota Bandung semakin maju.

6. Taman Nasional Baluran

Foto: instagram/tamannasional_baluran

Ada yang pernah berkunjung ke Banyuwangi? Wilayah Jawa timur paling ujung ini menjadi sebuah kawasan destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Lantaran. Pesonanya yang luar biasa indahnya. Wilayah yang memiliki julukan sunrise of java ini tidak hanya indah saja. Melainkan esoktis apalagi, dengan keindahan festival tradisionalnya. Saking indahnya, ada salah satu kawasan yang dijuluki dengan Little Africa In Java dari sini.

7. Menikmati pesona Pulau Lombok

Foto: instagram/Explore Lombok

Dilansir dari lomboktourplus.com, Pesona Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit yang ada di Indonesia. Pesonanya bahkan sudah berhasil menarik perhatian para wisatawan dari mancanegara. Ada banyak objek wisata yang ada di pulau ini. Tidak akan habis pesona Lombok untuk digali dari berbagai penjuru.

Oleh karena itu, Lombok tidak pernah sepi pengunjung meskipun lokasinya berdekatan dengan Bali yang notabennya juga menjadi destinasi wisata favorit. Wisata Air Terjun di Pulau Lombok juga tidak kalah indahnya dengan wisata pantai dan gili di Lombok.

Pesona Pulau Lombok dibagi menjadi 4 kabupaten dan 1 kota yaitu kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. Di tiap sudut Lombok menyimpan potensi wisata alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.