Zaskia Adya Mecca: Jualan Harus Jujur Seperti Rasulullah

41
zaskia mecca, berjualan ala rasul, sosok inspiratif

Suaramuslim.net – Nama Zaskia Adya Mecca tidaklah asing di telinga masyarakat Indonesia. Wajahnya selalu menghiasi layar kaca terutama di bulan Ramadhan dalam serial “Para Pencari Tuhan”. Tak hanya berbakat akting, istri dari sutradara ternama Hanung Bramantyo ini juga pandai dalam berbisnis.

Bermodal awal 3 juta rupiah, kini omzet yang dicapai hingga ratusan juta rupiah. Terbukti dengan berdirinya Sembilan cabang butik miliknya, Meccanism, yang terletak di kota-kota besar.

“Lebih dari 70 orang mengajukan diri untuk kerjasama label. Tapi untuk menjaga system dan kualitas, saya belum berani melepaskannya ke orang lain karena masih belajar memperkuat system. Sejauh ini, cabang Meccanism sepenuhnya dipegang oleh keluarga,”ujar Zaskia.

Tidak hanya di Indonesia, permintaan busana dan hijab dari butik Meccanism miliknya mencapai Singapura, Malaysia, Brunei Darusalam, hingga Mesir. Tak hanya membuka butik offline, Zaskia juga menjual produknya secara online. Omzet tertinggi diakui Zaskia justru diperolehnya dari hasil pemesanan via online.

Memegang Teguh Prinsip Berjualan Ala Rasulullah

Semenjak berbisnis, ibu dari tiga anak ini merasa dirinya semakin “ketagihan”dengan kegiatannya tersebut. Hingga dua tahun ia telah menggeluti bisnis fashion, dirinya masih tak menyangka telah memiliki ratusan karyawan.

Eksistensi bisnisnya saat ini tidaklah lepas dari peran serta dirinya yang sering melakukan promosi. Menggunakan nama tenar dirinya, Zaskia Mecca, ia mengaku lebih mudah dalam berpromosi.

Tak hanya itu, sebagai umat muslim, Zaskia menjalankan bisnisnya dengan konsep bisnis ala Rasulullah.

“Nabi Muhammad dalam berjualan sangat mengutamakan kejujuran. Dari situlah saya belajar agar tidak mengecewakan pelanggan dengan menjual barang-barang yang rusak,” tuturnya.

Jika terdapat barang yang rusak meskipun hanya sedikit, Zaskia langsung tanggap dengan memberitahukan pada konsumen dan harga jualnya juga lebih murah.

Zaskia mengaku, dengan berbisnis, dirinya lebih mudah mengatur waktu bersama keluarga. Menurutnya, ia dapat lebih banyak memberi manfaat bagi sekelilingnya dari berbisnis.