Cokelat batang. Foto: perfectdailygrind.com

Suaramuslim.net – Kolesterol sering dianggap penyebab suatu penyakit. Padahal, kolesterol punya manfaat baik bagi tubuh, seperti memproduksi sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D.

Kondisi menjadi berbahaya jika jumlah kolesterol dalam tubuh berlebih dan menumpuk dalam tubuh. Tingginya kolesterol memicu pembentukan plak yang mempersempit dan menghambat aliran darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ada dua jenis kolesterol yang cukup memengaruhi kesehatan tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau kolestrol baik serta low-density lipoprotein (LDL) atau kolestrol jahat.

Apa saja minuman penurun kolesterol?

Secara umum, apa yang kamu makan atau minum memang sangat memengaruhi kadar kolesterol total dalam darah. Jika kamu terlanjur menderita kolesterol tinggi, berikut beberapa minuman penurun kolesterol yang dapat kamu coba.

1. Jus apel

Dalam jurnal University of Reading yang diterbitkan tahun 2015 mengungkap, konsumsi jus apel secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung akibat pola makan yang tidak sehat.

Seperti kita ketahui, penyakit jantung disebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi jus apel usai makan makanan bersantan sebagai penetralisir.

2. Jus jeruk

Sebuah penelitian pernah melibatkan 129 orang, mereka diminta mengonsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya, kadar kolesterol “jahat” atau LDL menurun secara drastis.

Tak hanya itu, jus jeruk juga terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang bermanfaat menstabilkan tekanan darah.

3. Teh serai

Minuman untuk menurunkan kolesterol ini mengandung anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia yang dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Rutin meminum teh serai bisa bantu meminimalisir risiko penyakit jantung dan hipertensi, melansir laman Kumparan.

4. Teh hijau

Teh hijau termasuk salah satu minuman herbal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan katekin (catechin) di teh hijau diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

5. Susu kedelai

Minuman lain yang juga bisa dijadikan sebagai penurun kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai sendiri mengandung isoflavon yang berguna menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan yang berasal dari olahan kacang keledai juga memiliki kandungan isoflavon yang tinggi, seperti tempe dan tahu.

6. Kunyit asam

Minuman herbal penurun kolesterol ini dapat menurunkan LDL hingga 33 persen jika dikonsumsi sebanyak 500 gr per harinya selama satu pekan. Bahkan, dalam satu pekan kadar kolesterol baik juga akan meningkat sebanyak 29 persen lho!

7. Jus delima

Berdasarkan penelitian, jus delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat alias LDL.

8. Cokelat

Minuman cokelat ternyata memiliki efek baik bagi jantung karena mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) jika diminum dua kali sehari selama sebulan.

Meski demikian, hati-hati dengan minuman cokelat yang mengandung banyak gula karena gula justru memiliki efek negatif pada jantung. Pilihlah minuman berbentuk dark chocolate, yakni yang mengandung cocoa 75–85 persen atau lebih.

9. Minyak zaitun extra virgin

Minum 60 ml minyak zaitun extra virgin setiap hari dipercaya dapat menyehatkan jantung karena minyak ini mampu menurunkan LDL dan menaikkan HDL. Minyak zaitun extra virgin juga mengandung polifenol yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

10. Air mentimun

Menurut jurnal yang diterbitkan American Heart Association, kandungan potasium pada mentimun dapat menurunkan kadar sodium penyebab meningkatnya tekanan darah. Ditambah kandungan antioksidannya, juga bisa menurunkan kadar kolesterol penyebab penyakit degeneratif. Kamu bisa mengonsumsi mentimun dengan cara dijadikan es buah segar atau infused water.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.