Ingin Sehat Hindari Makanan Ini di Malam Hari(2)

Suaramuslim.net – Orang yang suka begadang di malam hari cenderung memiliki kebiasaan makan atau ngemil. Jika kebiasaan ini terus-menerus dibiarkan akan memberikan  efek negatif bagi kesehatan tubuh, terutama jika mengonsumsi beberapa makanan yang. Ada beberapa makanan yang wajib dihindari saat malam hari.

Begadang dan nyamil memang berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan sering makan larut malam karena dipicu oleh stres di siang hari atau mengalami gangguan tidur insomnia, sehingga seseorang mengalihkannya ke makanan.

-Advertisement-

Dalam situs online doktersehat.com secara medis, orang yang memiliki kebiasaan makan pada malam hari disebut sebagai sindrom makan malam (late night eating syndrome), orang dengan sindrom ini akan mengonsumsi makanan berat setelah melewati jam makan malam ideal.

9 Makanan yang Harus Dihindari

Jika kebiasaan itu belum bisa dihindari, maka hindari beberapa makanan yang justru akan membuatmu gemuk dan menyebabkan gangguan kesehatan. Apa saja makanan yang sebaiknya kamu hindari pada malam hari? Simak penjabaran dari lansiran hipwee.com. 

  1. Hindari keju sebelum tidur agar jantung senantiasa sehat. Keju indentik dengan kandungan lemak, oleh karena itu hindari keju pada malam hari karena hanya akan membuat tubuh menjadi gemuk. Selain gurih, keju akan membuat orang yang memakannya merasa ketagihan. Tak hanya itu, rasa asin, lemak, dan kolesterol pada keju juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.
  2. Memakan buah-buahan yang asam di malam hari bisa menambah gas pada pencernaan. Karena mengandung gas, buah-buahan akan membuat perut menjadi kembung. Akibatnya, membuat tidur menjadi tidak nyaman.
  3. Hindari makanan pedas dan mengandung bawang putih. Memakan-makanan pedas dapat membuat pencernaan bekerja penuh, padahal pada malam hari pencernaan mengalami penurunan aktivitas untuk persiapan menjelang tubuh beristirahat. Sedangkan mengkonsumsi bawang putih juga bisa menyebabkan  heartburn atau rasa panas pada dada ketika dikonsumsi sebelum tidur.
  4. Jauhi makanan yang menambah berat badan seperti pizza, burger, dan kentang goreng. Selain menambah berat badan, makanan ini dapat mengganggu pencernaan.
  5. Konsumsi steak dan daging di malam hari sangat tidak disarankan. Daging merupakan makanan yang sangat sulit dicerna, selain itu juga mengandung triptofan dan zat besi yang bisa membuat tidur jadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kram jika dikonsumsi sebelum tidur. Lemak dan protein yang terkandung dalam daging merah pun dapat mengganggu kesehatan badan serta dapat berdampak pada kenaikan berat badan.
  6. Hindari ngemil coklat di malam hari, karena coklat mengandung kafein yang justru akan membuat susah tidur. Selain itu coklat juga mengandung stimulan seperti theobrimine yang menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat.
  7. Kurangi kadar karbohidrat dengan menghindari nasi dan pasta. Pasalnya kedua makanan mengandung karbohidrat sehingga akan menambah berat badan.
  8. Jangan jadikan makanan-makanan manis snack malam hari seperti permen, es krim, cake, atau biskuit mengandung banyak sekali gula. Hal ini bisa menyebabkan naiknya gula darah dan ledakan energi yang tidak dibutuhkan pada malam hari. Efeknya akan panjang jika kamu mengkonsumsi makanan manis, bisa terjadi gangguan tidur, menumpuknya lemak dalam tubuh, bahkan ketidakseimbangan insulin yang menyebabkan gula darah menjadi naik.
  9. Hindari makan roti yang bisa sangat mudah menaikkan berat badan karena kandungan karbohidrat dan ragi yang tinggi.
Baca Juga :  Inilah 5 Bahan Makanan Mengandung Pemanis Alami

Kontributor: Yetty
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.