Seseorang yang sedang diperiksa oleh dokter. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Para ahli masih belum menemukan penyebab pasti dari penyakit autoimun sampai saat ini. Namun, terdapat beagam faktor yang menyebabkan seseorang berisiko untuk mengidap penyakit autoimun, seperti genetik, lingkungan, infeksi, dan perubahan hormon.

Tenang jangan takut, kekhawatiran terhadap penyakit autoimun ini bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makanan yang tepat dan hidup sehat seperti:

1. Makan buah kelapa

Foto: Pixabay.com

Kepala dalam sajian apapun bisa digunakan sebagai bahan masakan bagi penderita autoimun tentunya tetap menghindari gula untuk penyajiannya. Kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, anti oksidan dan serat yang berguna sebagai antivirus dan anti bakteri. Minyak kelapa juga membantu untuk menjaga keutuhan sel tubuh bagi penderita autoimun.

Baca Juga :  Makan Terlalu Cepat Berpotensi Tingkatkan Penyakit Berbahaya

2. Konsumsi buah alpukat

Foto: Pixabay.com

Alpukat merupakan makanan paling sehat yang bisa dimakan. Ada banyak nilai gizi yang terkandung dalam alpukat. Vitamin K, C, E dan B6 yang terkandung dalam alpukat dibutuhkan tubuh setiap hari. Meskipun kaya akan lemak, alpukat tetap rendah karbohidrat dan kolestol karena mengandung serat dan potassium yang dibutuhkan tubuh.

3. Telur

Foto: Pixabay.com

Beberapa orang yang menghindari telur karena takut berlebihan berat badan kalau mengkonsumsinya. Padahal secara keseluruhan telur adalah makanan sehat. Kebutuhan zat besi, vitamin A, D, E dan K yang terdapat dalam telur dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan seng harian.

Selain itu mengonsumsi seluruh butir telur baik putih dan kuning telurnya berguna untuk menjaga kesehatan mata, otak, organ hati dan kulit serta mencegah dari penyakit kardiovaskular.

4. Jangan stres

Foto: Liputan6.com

Tak diragukan lagi jika stres dapat mengganggu keseimbangan dan kesehatan tubuh. Gangguan kesehatan yang berlarut-larut akan menurunkan kemampuan sistem imun tubuh, dan dapat berkembang menjadi penyakit autoimun. Maka dari itu, cari cara-cara yang nyaman untuk relaksasi dan mencegah stres dalam aktivitas sehari – hari.

Baca Juga :  Hati yang Bersih sebagai Ibadah yang Bernilai di Sisi Allah

5. Cukupi kebutuhan omega 3

Foto: Pixabay.com

Omega 3 dikenal akan kebaikannya untuk perkembangan dan fungsi otak. Namun, ternyata omega 3 juga merupakan anti peradangan alami yang berperan untuk mengatasi radang pada tubuh. Asupan omega 3 yang cukup akan membantu sistem imun untuk tetap aktif dan bekerja optimal sehingga terhindar dari kegagalan fungsi yang dapat berkembang menjadi penyakit autoimun.

6. Olahraga

Foto: Pixabay.com

Meski punya penyakit autoimun, tapi bukan berarti Anda harus berdiam diri. Olahraga justru dapat membantu mengurangi kelelahan atau nyeri yang berkepanjangan akibat penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stres atau kecemasan, meningkatkan energi, dan memperbaiki mood. Olahraga yang tepat dapat membantu tubuh beradaptasi.

Meski demikian, olahraga tak boleh dilakukan secara berlebihan supaya tak membuat tubuh stres, sehingga dapat memicu kemunculan gejala yang lebih berat. Mulalilah dengan perlahan. Olahraga yang dilakukan dengan gembira dapat menghasilkan endorfin. Hormon tersebut berperan baik pada sistem imun tubuh, yang dapat menjaga keseimbangan imunitas.

Beberapa pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain yoga, tai chi, angkat beban, bersepeda, dan berjalan kaki. Lakukan olahraga paling tidak tiga kali seminggu, dengan durasi setidaknya 30 menit tiap sesi. Ingat, lakukan secara perlahan pada setiap gerakan dan beristirahatlah jika mulai lelah.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.