7 Jenis Buah untuk Memperlancar BAB
Buah nanas

Suaramuslim.net – Sembelit, susah BAB atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan yang umum dialami banyak orang. Mulai anak-anak sampai orang tua pasti pernah mengalami sembelit. Susah BAB biasanya dikarenakan adanya hambatan di dalam sistem pencernaan. Sembelit ditandai dengan pergerakan isi perut yang tidak normal.

Gangguan proses pencernaan di usus menghasilkan tinja yang bertekstur kering dan padat sehingga sulit untuk dikeluarkan. Sembelit bukan hanya membuat kita tidak nyaman tapi juga membuat kita khawatir jika sembelit terjadi dalam waktu yang lama. Penderita sembelit biasanya juga merasa belum lega walaupun sudah melakukan BAB.

Gejala-gejala lain yang dapat dialami, antara lain:

  1. BAB menjadi tidak mudah sehingga perlu mengejan,
  2. Frekuensi BAB tidak normal yang terjadi kurang dari tiga kali dalam seminggu,
  3. Tidak nafsu makan,
  4. Perut terasa kembung,
  5. Ukuran tinja bisa besar atau sangat kecil,
  6. Feses terlihat kering, keras atau bergumpal.

Kita pasti pernah merasa sulit buang air besar, ya kan? Tahu nggak, kondisi ini merupakan gejala kalau tubuhmu kurang serat. Biasanya, saat kita mengalami sembelit banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi buah pepaya. Buah pepaya memang menjadi primadona ketika perut mulai sembelit. Buah lonjong itu dipercaya menjadi buah untuk memperlancar BAB.

Baca Juga :  Ternyata! Kondisi Kuku Dapat Mendeteksi Kesehatan Tubuh Lho

Ternyata, tidak hanya buah pepaya yang bisa melancarkan pencernaan kita. Ada beberapa buah bisa membantu buang air besarmu lancar. Berikut ini 7 buah yang dapat memperlancar BAB:

  1. Buah naga
Buah naga
Buah naga

Tekstur buah naga yang lembut akan memudahkan kita saat memakannya. Di balik bentuknya yang unik, buah naga sangat baik untuk pencernaan. Kita tidak akan merasakan sembelit dan diare lagi kalau rutin mengonsumsi buah naga. Selain kaya akan vitamin dan mineral, buah naga juga kaya akan air dan juga serat yang dapat melancarkan pencernaannya. Namun jangan kaget, jika kita mengonsumsi buah naga dapat memengaruhi warna feses maupun urine kita.

2. Nanas

Nanas
Nanas

Nanas mengandung enzim yang baik bagi pencernaan, sehingga dapat melancarkan proses buang air besar. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada nanas pun sangat baik untuk usus. 

3. Plum

Buah plum
Buah plum

Selain kaya serat, plum juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan sorbitolnya dapat langsung melancarkan pencernaan secara alami. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam plum juga dapat melawan sumber penyakit lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Muda

4. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Buah ini memiliki serat tinggi, yaitu sekitar 2,2 gram serat di setiap 100 gram beratnya. Karena itu, alpukat mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

5. Pir

Buah pir
Buah pir

Kandungan air dan vitamin dalam pir dapat menjadi pencahar alami dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan air yang tinggi pada buah ini juga dapat menjaga anak tidak dehidrasi.

6. Apel merah

Apel merah
Apel merah

Selain kaya serat, apel merah juga mengandung kalium dan asam organik. Mengonsumsi apel merah sangat bermanfaat untuk membuat feses lebih lunak, mengurangi lemak jahat dan melancarkan buang air besar.

7. Delima

Delima
Delima

Kandungan serat dalam buah delima dapat membantu melancarkan pencernaan. Delima juga dapat digunakan untuk gangguan lambung dan masalah pencernaan.

Nah, banyak kan buah yang bisa membantu pencernaan kita? Kalau ingin pencernaan kita lancar, mari perbanyak makan sayur, buah, dan mengonsumsi air yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.