Olahraga Keluarga
Ilustrasi aktivitas keluarga di taman (Ils: Subagus Indra)

Suaramuslim.net – Weekend akan selalu menjadi hari-hari yang paling berbahagia dan ditunggu untuk kumpul bersama keluarga. Pasalnya, setelah menghabiskan waktu untuk bekerja serta memisahkan kebersamaan keluarga, akhir pekanlah yang mampu menyatukannya kembali dalam sebuah agenda. Baik di rumah maupun di luar rumah, tentunya berkumpul bersama keluarga adalah agenda penting yang harus dilakukan oleh setiap anggotanya.

Agenda yang bisa direncanakan bersama keluarga, salah satunya olahraga bersama. Olahraga bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan di akhir pekan. Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, quality time bersama orang yang kita sayangi juga bisa didapatkan. Jangan pernah menyepelekan kebersamaan bareng keluarga, karena momen-momen ini tentunya akan meningkatkan keharmonisan dan kualitas psikologis kita.

-Advertisement-

Nah, untuk membuat akhir pekan kita bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan, kita bisa mengagendakan olahraga bersama keluarga. Jenis-jenis olahraga ini adalah olahraga yang fun untuk dilakukan bareng mama, ayah, kakak dan adikmu!

  1. Bersepeda

Olahraga ini sangat worth it untuk dilakukan bersama-sama. Bersepeda bersama keluarga bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Kita bisa mengatur seberapa kecepatan sesuai keinginan. Bahkan kita bisa mengajak keluarga untuk bersepeda melewati jalanan kota, taman atau bahkan gunung dan hutan. Tidak masalah dengan kebugaran yang akan didapatkan masing-masing anggota keluarga, namun yang terpenting kebersamaan yang kita dapat.

  1. Badminton
Baca Juga :  Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak?

Cabang olahraga yang sering mendulang medali bagi Indonesia ini sangat menarik untuk dimainkan bersama keluarga. Mode single atau double, keduanya sama-sama serunya. Di samping itu olahraga ini sangat baik untuk melatih ketangkasan dan konsentrasi serta melatih otot tangan dan kaki, karena memainkannya harus fokus ke arah shuttlecock serta membiasakan anak untuk gigih mengejar kok seperti mengejar cita-cita mereka.

  1. Trekking

Trekking atau berjalan-jalan di alam bisa menjadi olahraga alternatif yang menyenangkan dan menyehatkan bagi keluarga kita. Mengagendakan waktu liburan bersama dengan keluarga, dan pilih tempat yang bisa dijadikan untuk tempat trekking seperti pegunungan. Selain udaranya yang sejuk dan baik untuk sistem pernapasan, trekking juga bisa mendekatkan kita dengan alam.

  1. Berenang

Salah satu olahraga favorit setiap keluarga adalah berenang, renang bisa dilakukan oleh semua orang. Berenang tidak terlalu membebani sendi-sendi yang kaku atau yang sudah terkena rematik. Jadi, para lansia masih bisa ikut berenang bersama anak dan cucu mereka. Berenang baik untuk anak-anak karena dapat membantu meninggikan tubuh secara alami. Sehingga selain menyenangkan bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak kita.

Baca Juga :  Bentuk Sibling Rivalry Sesuai Tahapan Usia Anak

Memilih aktivitas renang sebagai rekreasi akan lebih menyenangkan ketimbang memilih renang cepat ketika berolahraga bersama keluarga. Bahkan akan lebih menarik bila kita dan keluarga berenang di waterpark, karena di sana tersedia bermacam wahana air yang patut dijajal bersama si kecil.

  1. Outbond

Permainan outbound merupakan aktivitas komplet yang sangat menarik untuk dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Pasalnya, aktivitas ini bisa melatih otot, keseimbangan tubuh, dan keberanian dengan cara fun melalui berbagai aktivitas seperti memanjat jaring, meniti balok, melewati jembatan yang tinggi, flying fox, dan lainnya. Sambil mengajarkan nilai keberanian dan percaya diri kepada anak-anak.

  1. Latihan Ketahanan

Latihan ketahanan sangat bermanfaat bagi semua umur. Anak-anak dan orang dewasa bisa melakukan latihan untuk ketahanan tubuh dan kekuatan fungsional daripada menfokuskan latihan pada kekuatan. Tapi di atas itu semua, manfaat juga bisa dipetik bagi kesehatan tulang, sendi dan otot yang dihasilkan ketika angkat beban. Bahkan kita bisa melakukan ini sesuai dengan intensitas dan kecepatan sesuai kemampuan kita sendiri.

  1. Bermain Bola
Baca Juga :  Sambil Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga, Ibu Bisa Berolahraga      

Olahraga menggunakan bola seperti tenis, tenis meja, basket, sepak bola juga dapat dilakukan bersama keluarga. Walaupun permainan basket dan sepak bola tidak dilakukan dengan jumlah tim yang seharusnya, tapi latihan menembak bola, mendribble bola basket atau mengoper, dan menendang bola bisa tetap dilakukan. Siapa tahu anak-anak kita suatu saat bisa menjadi pemain profesional.

  1. Olahraga Bela Diri

Bagi anak-anak, olahraga bela diri bisa jadi sangat menyenangkan, bagi orang dewasa akan jadi olahraga yang bermanfaat dan bagi para lansia akan banyak keutungan yang didapat. Anak-anak tentunya membutuhkan cara untuk melepaskan energi dan agresifitasnya. Melalui olahraga bela diri, energi dan agresifitasnya tersalurkan secara positif.

Bagi orang dewasa, bela diri bisa melatih kardiovaskular dan kelenturan tubuh. Sedangkan, bagi lansia latihan ini akan meningkatkan kemampuan keseimbangan, koordinasi dan gerak tubuh. Meski semua akan mendapat porsinya masing-masing tapi melakukannya bersama keluarga akan membuat kita belajar hal baru bersama.

Nah, Ada yang tertarik melakukan olahraga bersama keluarga di akhir pekan atau waktu liburan? Semoga ulasan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan keharmonisan keluarga kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.