Cara Ampuh Ajari Anak Mandiri Sejak Dini

64
Cara Ampuh Ajari Anak Mandiri Sejak Dini

Suaramuslim.net – Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya menjadi anak mandiri. Untuk itu, mendidik anak untuk menjadi mandiri perlu dilakukan sejak dini. Bagaimana caranya?

Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya dapat tumbuh menjadi anak-anak yang baik, dapat dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal. Kebanyakan orang tua akan melakukan segalanya demi membahagiakan anak-anak mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, namun ternyata hal ini tidak selalu baik dalam proses mendidik anak.

Banyak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak dapat mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan anak pada masa perkembangannya karena setiap didikan kita dapat berpengaruh besar bagi kehidupan sang anak di masa depan. Berikut adalah tips bagaimana mendidik anak dengan baik agar tidak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.

Menjadi orang tua adalah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh anak. Didiklah anak dengan baik, maka anak akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.

Mendidik di Usia 1 Tahun

Pada usia satu tahun batita belum dapat memahami rutinitas sehari hari. Misalnya saja minum susu, bermain, mandi, makan atau tidur. Sehingga penting bagi Anda untuk melatih melakukan rutinitas tersebut. Misalnya ketika akan mandi Anda dapat mengajak anak untuk mengambil handuk sebelum akan mandi.

Saat makan, biarkanlah batita Anda memilih lauk pauknya sendiri. Latih ananda minum dari gelas dan memegang sendiri gelas tersebut. Anda dapat mencobanya dengan memberikan gelas yang tidak mudah pecah.

Pada usia ini, latihlah untuk dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga mampu mendukung batita agar tertarik dengan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan yang besar akan membantunya mengeksplorasi lingkungan dan kemampuan motorik. Selama lingkungan yang nyaman dan aman, tidak usah melarangnya, perhatikan dan berikan pengawasan saja.

Usia 2 Tahun, Waktunya Belajar Makan Sendiri

Kini, anak sudah dapat menggunakan sendok untuk makan sendiri. Meskipun belum sempurna tidak masalah, karena ini merupakan proses yang harus dilalui untuk menuju kemandirian. Dengan menggunakan sendok dan makan sendiri sudah menggunakan koordinasi tangan dan mata.

Anda juga sudah bisa mengajarkan toilet learning pada anak. Misalnya dengan mengajarkan cara menggunakan toilet dengan pengawasan. Pada tahap ini, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk mencuci mukanya dengan tangan sendiri. Meski pakaiannya nantinya akan basah namun tetaplah berikan kesempatan ia untuk belajar. Tunjukkan kepada batita cara membasuh muka dengan benar.

Selain itu, Anda juga bisa melatih ananda untuk melepaskan pakaiannya sendiri. Atau, menunjukkan kepentingan anak padanya, seperti mainan, botol minum atau benda-benda yang berhubungan dengan dirinya. Ajarkan padanya untuk meletakkan barang-barang yang ia miliki pada tempatnya lagi usai digunakan. Hal ini akan membiasakannya mandiri dan bertanggung jawab kepada barang-barangnya.

Melatih Tanggung Jawab di Usia 3 Tahun

Pada tahap anak usia 3 tahun, anak sudah mampu menunjukkan kemampuan di hadapan orang lain. Misalnya membawa tas atau sekedar membereskan ringan tempat tidur. Di usia ini, anak sudah mulai dikenalkan tanggung jawab. Pada tahap ini, Anda juga bisa melatih anak untuk bekerja sama dengan cara melibatkannya dalam beberapa hal yang Anda lakukan. Selain akan melatih kemandirian anak, anak juga akan memiliki empati terhadap lingkungannya.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here