Tips Aman Menggunakan Gadget untuk Anak

Tips Aman Menggunakan Gadget untuk Anak

Suaramuslim.net – Banyaknya kasus anak yang dipicu dari penggunaan teknologi, menjadi momok yang menakutkan bagi orang tua. Tidak sebandingnya antara usia dan kemajuan zaman, tidak jarang membuat anak-anak terjerumus dan menjadi korban kemajuan teknologi jika tidak berhati-hati.

Teknologi tidak hanya akan menyebabkan dampak kecanduan pada orang dewasa saja, namun juga memberi dampak yang luar biasa kepada anak-anak. Terlebih jika orangtua tidak peduli dan memberi kontrol terhadap anak-anaknya. Dalam hal penggunaan teknologi, keberadaan orang tua di tengah anak-anak mutlak dibutuhkan. Kehadiran orang tua tersebut, bukan berarti membatasi kreatifitas dari anak, melainkan sebagai salah satu kontroling yang dilakukan kepada anak.

Mengikuti perkembangam teknologi, adalah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengontrol penggunaan teknologi oleh anak. Dalam hal penggunaan gadget misalnya, orangtua harus sepenuhnya mengerti dan paham terhadap cara terbaik untuk mengajarkan memanfaatkannya secara cerdas.

Dilansir dari berbagai laman, berikut ini beberapa tips cerdas mengenalkan teknologi untuk pendidikan anak secara bijak.

Baca Juga :  Ingin Rumah Tangga Rukun? Istighfarlah..!
Mengalokasikan Waktu, Bergadget Ria dengan Anak

Seperti halnya kegiatan belajar dan bermain di luar rumah bagi anak, tentunya Anda juga harus mengalokasikan waktu buat mereka untuk bermain dengan teknologi.

Hal ini akan memberikan sesuatu yang baru dan pembelajaran yang akan sangat diminati oleh anak-anak. Mereka bisa belajar sambil berinteraksi dengan gadget.

Meluangkan waktu untuk menemani anak saat memanfaatkan gadget merupakan hal yang penting untuk dilakukan orang tua. Misalnya saja jika orang tua memutarkan tayangan anak melalui youtube di gadget, Anda tetap harus mengawasi anak selama penggunaan gadget. Hal ini disebabkan karena Youtube dikonsumsi oleh berbagai usia, video yang ditayangkan pun tidak dikelompokkan secara khusus berdasarkan usia. Hingga terkadang,  memunculkan tayangan-tayangan dewasa  yang akan membahayakan perkembangan otak anak.

Untuk itu pengawasan saat anak menggunakan gadget merupakan hal yang tak kalah penting. Dengan begitu, ketika tayangan yang ditampilkan merupakan tayangan dewasa, anda bisa menggantinya kembali dengan tayangan anak-anak.

Memanfaatkan Aplikasi Edukatif

Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam aplikasi oleh setiap operating system yang bisa di unduh secara gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut dikembangkan berdasarkan dengan usia pengguna. Ada aplikasi untuk para batita yang membantu batita belajar mengenal benda, bentuk, warna, suara, dan sebagainya.

Baca Juga :  Bekali Anak Ilmu Sebelum Menikah

Hingga pada aplikasi yang diperuntukkan bagi anak sekolah hingga universitas, sampai pada para professional. Jadi penting bagi orang tua untuk menyuguhkan aplikasi yang tepat dan bervariasi bagi anak-anak. Tentunya perlu juga pendampingan orang tua untuk membimbing mereka.

Berdiskusi tentang Tayangan di Gadget

Ajaklah anak berinteraksi saat ia bermain menggunakan gadgetnya. Misalkan, berdiskusi tentang makna tayangan kartun yang ia tonton. Hal ini akan menjadikannya lebih komunikatif dan kreatif karena bisa menyimpulkan dan memahami sesuatu informasi yang ia terima.

Demikian ulasan pemanfaatan teknologi bagi anak, tentu dengan menggunakannya secara cerdas teknologi akan mendatangkan kemanfaatan dan bukanlah keruguian. Tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.